Sukses


Erick Thohir Sarankan Tim Liga 1 Jalin Kerja Sama dengan Klub Elite Eropa dan Asia

Bola.com, Solo - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan saran kepada klub-klub sepak bola di Indonesia agar mulai menjalin kerja sama dengan tim Eropa dan Asia.

Hal itu disampaikan Erick Thohir saat menyaksikan langsung pertandingan persahabatan antara Persis Solo melawan Jeonbuk Hyundai Motors di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (17/6/2023) malam WIB.

Erick mengatakan, laga persahabatan melawan klub luar negeri memang sudah semestinya mulai digencarkan klub-klub Liga 1. Laga uji coba tersebut bisa membantu meningkatkan level permainan.

"Saya percayakan kepada Persis Solo karena mereka memiliki manajemen yang bagus dan lapangan yang bagus. Ya tentu saya harap kepanitiaannya harus bagus," kata Erick Thohir kepada awak media, Sabtu (17/6/2023).

"Memang ini yang kita dorong, sebelum musim depan bergulir, klub harus beruji coba. Tentu contoh baik yang saya harapkan itu klub-klub tidak hanya beruji coba dengan klub lokal, tetapi juga luar negeri," imbuhnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jajaki Peluang Jadi Sister Club

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu juga mengatakan, klub sepak bola di Indonesia juga semestinya mulai membuka peluang untuk bekerja sama menjadi sister club bagi klub elite di Eropa dan Asia.

Kerja sama semacam ini sebetulnya cukup potensial. Sebab, klub Indonesia bisa belajar banyak dari tim-tim yang sudah mapan, sehingga mampu meningkatkan kualitas pengelolaan yang profesional.

"Saya juga berharap, ke depannya klub-klub di Indonesia memiliki sister club, seperti misalnya klub Indonesia punya hubungan kerja sama dengan klub Eropa atau klub asal Asia," ujar Erick Thohir.

"Hal ini supaya bisa menjadi benchmarking bagaimana pengelolaan klub yang baik, dan juga benchmarking fasilitas dan pembinaan pemain muda," imbuh pengusaha berusia 53 tahun itu.

 

3 dari 4 halaman

Uji Coba Jadi Persiapan Liga 1

Kunjungan yang dilakukan Erick Thohir pada laga Persis Solo melawan Jeonbuk Hyundai Motors, sekaligus meninjau kesiapan Laskar Sambernyawa untuk menyambut Liga 1 2023/2024.

Apalagi, penyelenggaraan kompetisi kasta tertinggi itu hanya tinggal menunggu waktu. Menurut rencana, PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menggelar sepak mula Liga 1 pada 1 Juli 2023.

Kick-off Liga 1 2023/2024 rencananya akan dibuka dengan pertandingan antara Persija Jakarta dan PSM Makassar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan.

4 dari 4 halaman

Simak Posisi Akhir Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer