Sukses


Sho Yamamoto Jadi Penerjemah Bahasa Serbia untuk Bek Asing Persebaya, Kok Bisa?

Bola.com, Surabaya - Bek asing Persebaya Surabaya, Dusan Stevanovic, langsung nyetel dengan permainan tim. Dia sebenarnya baru menjalani musim perdana di Indonesia pada BRI Liga 1 2023/2024, tapi tak kesulitan untuk beradaptasi.

Masalahnya, ada kendala lain yang dihadapi oleh bek Persebaya Surabaya berpaspor Serbia tersebut. Dia kurang lancar berbahasa Inggris. Hal ini cukup menyulitkan komunikasinya dengan jajaran staf pelatih maupun para pemain lain.

Beruntung, ada sosok yang bisa membantu Dusan Stevanovic untuk berkomunikasi. Bukan penerjemah khusus bahasa Serbia, melainkan rekan pemain. Dia adalah winger Persebaya Surabaya asal Jepang, Sho Yamamoto. Kok bisa?

“Saya bisa berbahasa Serbia karena pernah lama bermain di sana. Namun, untuk berkomunikasi dengan Dusan tentatif, terkadang Serbia dan Inggris,” kata Sho Yamamoto.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pernah Berkarier di Montenegro

Sho Yamamoto mengaku mahir bahasa Serbia karena pernah membela klub Montenegro. Maklum saja, Serbia dan Montenegro merupakan dua negara yang masih satu rumpun bangsa maupun bahasa.

Dua negara ini juga pernah menjadi satu. Keduanya juga pernah tergabung dalam nama Yugoslavia. Makanya, urusan bahasa, Serbia dan Montenegro masih memiliki banyak kemiripan bahasa yang tergolong rumpun bahasa Slavik.

Pemain Persebaya Surabaya itu juga pernah berkarier di Serbia, meskipun sebagian besar kariernya dilewati di Montenegro.

Saat berkarier di Montenegro, Sho Yamamoto itu pernah berseragam Rudar Pljevlja, OFK Petrovac, dan Iskra Danilovgrad. Sedangkan di Serbia dia hanya pernah membela Spartak Subotica.

3 dari 5 halaman

Sering Bersama

Sementara di sisi lain, Dusan Stevanovic tercatat lebih banyak menjalani karier profesional di negara asalnya.

Selama di Serbia, dia pernah membela beberapa klub negara asalnya, yakni Ozren Sokobanja, Dinamo Vranje, Radnik Surdulica, dan Vojvodina. Selain itu, satu klub Montenegro pernah memakai jasanya, yaitu Lovcen.

Situasi ini membuat Sho menjadi pemain yang paling dekat dengan Dusan. Ketika berangkat latihan, Sho dan Dusan mengendarai mobil bersama menuju lapangan. Bahkan, ketika Persebaya Surabaya melakoni laga tandang, mereka satu kamar.

4 dari 5 halaman

Jadwal Persebaya Vs Barito Putera

Persebaya Surabaya vs Barito Putera

  • Stadion: Gelora Bung Tomo, Surabaya
  • Sabtu, 8 Juli 2023
  • Kick-off: 15.00 WIB
  • Live: Indosiar
  • Streaming: Vidio
5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer