Sukses


BRI Liga 1: Jan Olde Riekerink Kecewa Tak Bisa Banding Atas Sanksi Berat Dimitris Kolovos

Bola.com, Bandung - Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekenrink tidak habis pikir dengan keputusan komisi disiplin PSSI yang menghukum pemain asingnya, Dimitris Kolovos. Pemain asal Yunani itu mendapat sanksi larangan bermain sebanyak tiga laga dan denda Rp 10juta.

Akibat sanksi tersebut, Kolovos absen saat Dewa United menghadapi Persib Bandung dalam laga pekan ketiga BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jumat (14/7/2023).

Jan Olde mengaku kaget karena mendapat informasi Kolovos harus absen 4 jam sebelum pertandingan dimulai. Kondisi ini sempat membuat Jal Olde pusing karena harus segera mendapatkan pengganti.

"Saya datang dari Belanda dan federasi harus bertanggung jawab, kompetisi mengatur agar berjalan dengan lebih baik. Artinya di Belanda di akhir pekan, sudah ada kejelasan siapa yang bisa main, siapa yang kena suspend, sebagai rasa hormat terhadap pemain dan klub, kami bisa beradaptasi dengan situasi," ujar Jan Olde kepada wartawan.

2 dari 4 halaman

Kecewa

Pelatih berusia 60 tahun ini juga merasa kecewa karena timnya tidak bisa melakukan banding atas sanksi Kolovos. Hal ini berbeda dengan situasi di kompetisi Belanda.

"Karena dimitri dapat info 4 jam sebelum, kalau misal wasit kasih kartu kuning itu artinya penilaian dari wasit, dan kalau tuan rumah dapat kartu kuning, satu minggu kemudian kami baru dapat kabar dia dapat sanksi juga," tuturnya.

"Jadi situasi yang kurang adil, karena sekarang saya berpikir setiap kartu kuning bisa saja jadi kartu merah, jadi itu juga gak adil, dan saya baca suratnya dan di situ tidak bisa banding tertulis," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Bahas Performa

Kendati demikian, mantan pelatih tim junior Ajax Amsterdam ini tetap senang dengan perfoma pemainnya, terutama Ahmad Rusadi. Bek berusia 20 tahun ini mampu bermain apik menjaga pertahanan Dewa United.

Ahmad Rusadi bahkan turut mencetak satu gol ke gawang Persib di menit ke 35. Ahmad mampu memanfaatkan umpan sepak pojok di sisi kanan pertahanan Persib.

"Saya juga melihat pemain yang luar biasa. Dan pemain yang duduk di samping saya, Ahmad Rusadi, karena kami mendapat info sanksi, dia tahu 4 jam sebelum pertandingan, dan bahwa dia akan main dan dia melakukan pekerjaan yang sangat fantastis," ungkap Jan Olde.

Pertandingan Dewa United kontra Persib Bandung sendiri berakhir dengan hasil imbang 2-2. 

4 dari 4 halaman

Posisi Persib dan Dewa United

Video Populer

Foto Populer