Sukses


Menpora Minta Penegak Hukum Kawal BRI Liga 1 Agar Tak Ada Lagi Ricuh Antarsuporter dan Rasisme

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 musim ini diwarnai kericuhan antarsuporter dan sejumlah pemain menjadi korban rasisme. Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, berharap penegak hukum mengawal kompetisi agar kejadian serupa tak kembali terjadi.

BRI Liga 1 2023/2024 baru sampai pada pekan ketiga. Namun, sejumlah kerusuhan yang melibatkan suporter klub terjadi hampir setiap pekan.

Sejauh ini sudah ada tiga kerusuhan yang terjadi pada laga BRI Liga 1 musim ini. Dua di antaranya melibatkan suporter dari satu tim, yakni Persis Solo dan PSM Makassar.

Adapun kasus terakhir menimpa suporter Arema FC yang nekat menyambangi laga kandang Persik Kediri. Bahkan, suporter tersebut mendapatkan pukulan dari pendukung Persik.

Ketua PSSI, Erick Thohir, bakal mengambil sikap tegas terkait kericuhan suporter. Erick menyebut bakal memberikan sanksi kepada suporter tim yang berbuat keributan, bahkan sampai menghentikan BRI Liga 1.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jangan Sampai Disetop

Oleh karena itu, Menpora Dito mengimbau kepada suporter agar saling menjaga dan tak menimbulkan kericuhan, ketika menonton pertandingan di stadion. Menpora tak ingin BRI Liga 1 dihentikan akibat adanya keributan suporter.

"Kalau saya mengimbau, seperti yang sudah saya sampaikan ayo suporter mari kita menyaksikan sepak bola itu benar-benar substansinya pertandingan sepak bola," ujar Menpora Dito dalam acara pemberian penghargaan di JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Rabu (19/7/2023) malam WIB.

"Para suporter antartim atau di dalam tim, ayo kita saling jaga dan kita jaga sepak bola kita agar berjalan lanca. Jangan sampai liga dihentikan, karena kasihan penyelenggara dan tim yang sudah menyiapkan segalanya," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Kawal Setiap Laga

Selain kericuhan antarsuporter, BRI Liga 1 musim ini juga diwarnai aksi rasial yang dilakukan suporter kepada pemain. Tindak tak terpuji tersebut dialami tiga pemain PSM Makassar sesudah melawan Persija Jakarta pada 3 Juli 2023.

Ketiga pemain PSM yang menjadi korban perundungan di media sosial adalah Yuran Fernandes, Yance Sayuri, dan Erwin Gutawa.

Teranyar, giliran gelandang Persebaya Surabaya, Brylian Aldama, mendapat pesan negatif yang menyinggung keluarganya. Brylian dirundung di media sosial, setelah Persebaya kalah 0-2 dari PSIS Semarang, Sabtu (16/7/2023).

"Dari PSSI sudah membuat suatu sanksi terkait rasisme, dan memang itu nanti harus kita tegakkan juga. Saya juga meminta kepada para penegak hukum untuk memastikan perjalanan Liga 1 tidak ada kericuhan dan rasisme," tegas Menpora Dito.

 

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Pekan Keempat:

Jumat, 21 Juli 2023:

  • Borneo FC Vs Barito Putera - pukul 15.00 WIB - Indosiar
  • PSS Sleman Vs PSIS Semarang - pukul 15.00 WIB - Vidio
  • Dewa United Vs Persik Kediri - pukul 19.00 WIB - Vidio
  • Arema FC Vs Bali United - pukul 19.00 WIB - Indosiar

Sabtu, 22 Juli 2023:

  • Persita Tangerang Vs Persija Jakarta - pukul 15.00 WIB - Indosiar
  • Bhayangkara FC Vs Persikabo 1973 - pukul 19.00 WIB - Vidio
  • PSM Makassar Vs Persib Bandung - pukul 19.00 WIB - Indosiar

Minggu, 23 Juli 2023:

  • Persebaya Surabaya Vs RANS Nusantara FC - pukul 15.00 WIB - Indosiar
  • Madura United Vs Persis Solo - pukul 19.00 WIB - Indosiar
5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer