Sukses


BRI Liga 1: Kepergian Luis Milla Meninggalkan Beban untuk Persib

Bola.com, Bandung - Caretaker Persib Bandung, Yaya Sunarya, menyebut kepergian Luis Milla dan dua asisten pelatih asal Spanyol meninggalkan beban untuk timnya. Apalagi, Persib baru menjalani tiga laga awal di BRI Liga 1 musim ini.

Luis Milla memutuskan mundur sebagai pelatih Tim Maung Bandung setelah melewati tiga pertandingan Liga 1 2023/2024. Keputusan itu disampaikan Luis Milla di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung, 15 Juli lalu.

Luis Milla mundur dari Persib Bandung karena alasan pribadi, bukan lantaran Teja Paku Alam dkk. masih susah menang dalam tiga pertandingan awal BRI Liga 1.

Selepas ditinggal pelatih asal Spanyol tersebut, Persib Bandung harus melakoni dua laga tandang, yakni ke markas PSM Makassar di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/7/2023) malam WIB.

Kemudian Persib Bandung akan bertandang ke markas Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Kediri pada Jumat (28/7/2023) malam WIB.

"Saya pikir semua punya beban. Saya tidak bisa tidur juga. Saya pikir normal setiap pelatih ada beban tersendiri, tetapi sebagai seorang pelatih harus punya sikap bagaimana agar beban tersebut bisa di organisasi," jelas Yaya Sunarya, Kamis (20/7/2023).

 

2 dari 6 halaman

Tak Sampai Stres

Yang pasti lanjut Yaya Sunarya, beban pasca-kepergian Luis Milla jangan sampai menjadi stres karena bisa mengganggu kesehatan dan siklus tidur.

"Kalau sampai stress tentunya akan tidak baik, misal kondisi menurun, tidak fokus karena sakit, jadi dampaknya tidak hanya kepada saya tetapi ke teman-teman lain yang ada di tim," tutur Yaya Sunarya.

Yaya memastikan semua pemain Persib Bandung sudah dalam keadaan sangat siap untuk menghadapi PSM Makassar. Bahkan dalam sesi latihan terakhir di Bandung terlihat lebih santai.

"Dua hari kemarin memang kami buat intensitas lebih tinggi kemudian ada ofisial training pada Jumat (21/7/2022) malam, jadi masih ada satu kali latihan di Makassar," kata Yaya.

"Jadi pada latihan terakhir di Bandung dibuat sedikit turun tetapi masih dalam batasan yang kami buat sesuai dengan ritme atau tempo di latihan untuk persiapan pada Sabtu (22/7/2023)," tambah Yaya.

Untuk meladeni PSM Makassar, Tim Maung Bandung bakal bertolak ke Makassar pada Jumat (21/7/2023) pagi WIB dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung dengan kekuatan 22 pemain.

 

3 dari 6 halaman

Tetap Semangat

Sementara itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, berharap David da Silva dkk. bisa lebih bersemangat dan fokus, setelah ditinggalkan Luis Milla dan tiga asistennya.

"Tidak ada pelatih harus lebih semangat dan perlihatkan. Saya minta ke anak-anak harus fokus dan konsentrasi karena akan menghadapi PSM Makassar," jelas Umuh Muchtar di Kota Bandung, Kamis (20/7/2023).

"Saya juga terus terang kalau sehat mau berangkat dan saya tungguin. Karena saya belum sehat jadi saya memilih untuk tetap di Bandung dan memberikan support saja ke pemain)," tambahnya.

 

4 dari 6 halaman

Motivasi Menang

Hasil imbang tiga kali secara beruntun lanjut Umuh Muchtar, harus menjadi motivasi bagi para pemain yang diturunkan untuk meraih kemenangan kontra PSM Makassar.

"Mudah-mudahan kami bisa cepat mendapatkan pelatih. Pokoknya ini segera saja. Kami juga dari manajemen tidak tinggal diam, dengan segala cara harus segera mendapatkan pelatih baru. Doakan saja," kata Umuh Muchtar.

Disinggung nasib pemain asing, Tyronne del Pino Ramos yang mengalami cedera hingga harus melakukan pemulihan di negaranya, Spanyol, Umuh mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen dan pelatih baru Persib.

"Itu nanti pelatih baru yang akan menentukan karena pelatih yang punya wewenang, tetapi sekarang ada Nick Kuipers masuk lagi. Sementara ini, kami serahkan ke Yaya dulu. Yang jelas kalau mau mendatangkan pemain baru harus sesuai dengan kriteria Persib," jelasnya.

 

5 dari 6 halaman

Nick Kuipers Berpeluang Tampil

Nick Kuipers memang kembali mendapatkan kepercayaan setelah Tyronne del Pino mengalami cedera tendon achilles, saat bermain pada laga perdana Persib di BRI Liga 1 2023/2024.

Besar kemungkinan, bek asal Belanda itu kembali mendapat kepercayaan dari Yaya Sunarya saat dijamu PSM Makassar.

6 dari 6 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer