Sukses


BRI Liga 1: Sering Main Bareng Pierre-Emerick Aubameyang di Gabon, Levy Madinda Bisa Untungkan Persib

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung bergerak cepat mencari pengganti Tyronne del Pino pada deadline bursa transfer BRI Liga 1 2023/2024, 20 Juli 2023. Tim berjulukan Pangeran Biru itu mendatangkan Levy Madinda.

Persib Bandung meminjam Madinda dari klub kaya raya Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT), selama lima bulan atau hingga putaran pertama BRI Liga 1 berakhir.

Keputusan itu diambil karena Persib tidak mempunyai pilihan lain. Cedera Tyronne cukup parah dan harus menjalani pemulihan di kampung halamannya, Spanyol.

Levy Madinda dinilai tidak membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi dengan Persib Bandung. Pemain berusia 31 tahun itu sempat bermain di Malaysia selama dua tahun.

 

2 dari 6 halaman

Kiprah Levy Madinda

Biasanya, pemain asing yang sebelumnya bermain di Liga Malaysia bisa klop cukup cepat dengan sepak bola Indonesia, seperti Marko Simic yang sangat gacor bersama Persija Jakarta.

Kiprah Madinda di Negeri Jiran dimulai ketika direkrut Sabah FC pada 2021, tatkala masih ditangani pelatih asal Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Selama satu setengah musim membela Sabah FC, gelandang berusia 31 tahun tersebut membukukan 16 penampilan dengan perolehan empat gol plus dua assist.

 

3 dari 6 halaman

Langganan Timnas Gabon

Pada pertengahan 2022, Madinda direkrut oleh JDT, namun tidak pernah bermain. Dia justru dipinjamkan ke sesama klub Malaysia, Negeri Sembilan pada Februari 2023.

Madinda juga langganan Timnas Gabon. Pesepak bola kelahiran 11 Juni 1992 itu sudah mencatatkan 56 caps dan enam gol untuk negaranya.

Madinda juga sering bermain bareng dengan mantan striker Arsenal, Barcelona, dan Chelsea, Pierre-Emerick Aubameyang, yang berstatus sebagai kapten Gabon.

 

4 dari 6 halaman

Penilaian Kurniawan Dwi Yulianto

"Secara kualitas, dia memang pemain yang bagus. Dia pemain Timnas Gabon, bermain bareng Aubameyang," ujar mantan pelatih Sabah FC, Kurniawan Dwi Yulianto, dalam sharing sessions "Garuda Mendunia bersama Aice" di Pancoran Soccer Field, Jakarta Selatan, pada Selasa (25/7/2023).

"Sebelum bermain di Sabah FC, dia berkarier di Turki dan Spanyol. Rekam jejaknya bagus. Cuma setelah tidak di Sabah FC, saya tidak tahu lagi perkembangannya seperti apa di JDT dan Negeri Sembilan," tuturnya.

 

5 dari 6 halaman

Menatap Debut

"Seharusnya, jika performanya seperti saat di Sabah FC, ia semestinya bisa beradaptasi cepat dengan sepak bola Indonesia. Sebab, dia pekerja keras," jelas Kurniawan.

Madinda menatap debutnya bersama Persib dalam pekan keempat BRI Liga 1 tatkala melawan Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Kediri, pada 28 Juli 2023.

6 dari 6 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer