Sukses


BRI Liga 1: Aji Santoso Terima Lapang Dada usai Diistirahatkan sebagai Pelatih Persebaya

Bola.com, Surabaya - Aji Santoso menerima dengan lapang dada setelah diistirahatkan sebagai pelatih Persebaya Surabaya. Manajemen klub secara resmi mengumumkan hal di atas, Jumat (4/8/2023) malam.

Keputusan manajemen ini tidak lain dilandasi oleh hasil buruk Persebaya di BRI Liga 1 2023/2024. Mereka baru saja kalah 1-2 saat menjamu Persikabo 1973 dalam pekan keenam di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat sore.

Aji Santoso gagal memenuhi target yang dibebankan oleh manajemen klub. Sebelum laga itu, sempat muncul ultimatum bahwa pelatih berusia 53 tahun itu wajib meraih tujuh poin di tiga pertandingan.

Tiga laga yang dimaksud adalah menghadapi Persikabo 1973, Bhayangkara FC (8/8/2023), dan Persita Tangerang (12/8/2023).

Duel melawan Bhayangkara akan berlangsung dalam partai tandang, sedangkan dua lainnya berstatus tuan rumah.

 

2 dari 5 halaman

Gara-gara Target Tidak Tercapai

Dengan target itu, artinya Persebaya tidak boleh menelan kekalahan. Tim Bajul Ijo wajib memenangi dua dari tiga laga ke depan. Yang terjadi, Bajul Ijo malah kalah di kandang sendiri saat melawan Persikabo.

“Itu pasti tidak bisa tercapai. Saya kembalikan ke manajemen apapun yang menjadi keputusannya, saya terima dengan lapang dada. Biar cepat selesai, ini kesalahan ada di saya, bukan yang lain,” kata Aji Santoso.

“Saya siap dengan konsekuensi apapun dengan hasil yang tidak bagus ini. Saya sudah berusaha maksimal mengangkat mental pemain, tetapi sampai sekarang belum sukses, tetap menerima dengan lapang dada,” imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Performa Menurun

Persebaya sendiri sudah melewati lima laga terakhir tanpa kemenangan. Padahal, tim asal Kota Pahlawan itu sempat mengawali Liga 1 dengan menyakinkan usai  menang 3-2 di markas Persis Solo (1/7/2023).

Akan tetapi, performa Persebaya setelah itu justru menunjukkan tren menurun. Bajul Ijo gagal menang di markas sendiri setelah ditahan imbang 1-1 saat menjamu Barito Putera pada pekan kedua lalu (8/7/2023).

Mereka kemudian takluk 0-2 di markas PSIS Semarang (16/7/2023). Persebaya juga ditahan imbang 2-2 oleh RANS Nusantara dalam pekan keempat (23/7/2023). Mereka kalah 0-1 dari Persija Jakarta (30/6/2023).

Sempat muncul kabar bahwa skuad Persebaya sedang mengalami masalah internal. Aji Santoso juga masih membantah bahwa timnya sedang bermasalah.

“Intinya tidak ada masalah. Tanggung jawab saya. Saya tidak mau cerita panjang lebar. Saya sebagai pelatih kepala itu jadi tanggung jawab saya. Tidak perlu menyalahkan siapa-siapa. Ini menjadi tanggung jawab saya,” ucapnya.

 

 

 

 

4 dari 5 halaman

Target Juara

Manajemen Persebaya sendiri juga memasang target juara kepada Aji Santoso di musim ini. Dia pun membantah bahwa timnya terbebani oleh target tersebut sehingga terseok-seok di pekan-pekan awal ini.

“Tidak. Saya tidak mau berdalih. Perjalanan masih panjang, karier saya juga masih panjang. Paling enak, ini tanggung jawab saya, sudah selesai,” tutur pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

Aji Santoso pun mengakhiri petualangannya menjabat sebagai pelatih kepala Persebaya selama hampir empat tahun. Dia mulai masuk dengan jabatan itu pada Oktober 2019 saat tim saat itu juga terpuruk.

Untuk sementara, tim Persebaya akan ditangani oleh Uston Nawawi yang merupakan asisten pelatih sekaligus direktur teknik.

Persebaya sendiri kini hanya mengoleksi lima poin dari enam pertandingan. Mereka untuk sementara berada di peringkat ke-16 atau masuk zona degradasi di klasemen sementara.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer