Sukses


Liga 2: Kas Hartadi Rangkap Jabatan Sebagai Pelatih dan Manajer PSIM Yogyakarta

Bola.com, Jakarta - Kas Hartadi akan melakoni peran ganda dalam mengarungi kompetisi Liga 2 2023/2024. Selain sebagai pelatih, arsitek asal Surakarta itu kini ditunjuk sebagai manajer tim PSIM Yogyakarta.

Kas Hartadi menggantikan posisi Farabi Firdausy yang hengkang ke Bekasi FC. Penunjukan pelatih berusia 52 tahun itu dikonfirmasi langsung oleh Direktur Utama PSIM Yogyakarta, Liana Tasno.

“Penunjukan manajemen terhadap Kas Hartadi menjadi nakhoda skuad PSIM Jogja untuk musim kompetisi 2023/2024 atas dasar portofolio dan kinerja Kas Hartadi di persepakbolaan Indonesia," ujarnya.

Kas Hartadi dikenal sebagai pelatih spesialis promosi. Tercatat ada dua tim yang berhasil dibawanya promosi ke Liga 1. Kedua tim tersebut adalah Kalteng Putra dan Dewa United.

Arsitek kelahiran 6 Desember 1970 itu sukses membawa Kalteng Putra promosi ke Liga 1 2019. Pencapaian itu diraih usai klub berjulukan Laskar Isen Mulang tersebut finis di peringkat ketiga Liga 2 2018.

Yang terbaru, Kas mengantarkan Dewa United promosi ke Liga 1 2022/2023. Saat itu, tiket promosi didapat setelah Tangsel Warrior memungkasi kompetisi di posisi ketiga Liga 2 2021.

2 dari 4 halaman

Efisiensi Realisasi Kinerja

Adapun alasan lainnya memilih Kas Hartadi sebagai manajer yaitu didasari efektivitas serta efisiensi kerja. Juga mempertimbangkan kapabilitas sang juru taktik.

“Demi efektivitas dan efisiensi realisasi kinerja. Atas persetujuan Kas Hartadi, maka manajemen menunjuk Kas Hartadi sebagai pelatih kepala sekaligus manajer untuk PSIM Jogja dalam mengarungi musim kompetisi 2023/2024," kata Liana Tasno.

"Hal ini diperkuat lagi dengan sertifikasi yang dimiliki oleh Kas Hartadi, yaitu A-Pro atau level lisensi kepelatihan,” tambah Liana Tasno.

3 dari 4 halaman

Siap Emban Tugas Ganda

Kas Hartadi menyatakan, siap mengemban tugas sebagai pelatih plus manajer PSIM untuk Liga 2 2023/2024. Meski sebelumnya Kas mengaku membutuhkan sosok manajer untuk kompetisi mendatang. Dia berujar, kebutuhan manajer memang bukan hal mendesak, namun perannya krusial di tubuh tim.

“Saya siap. Karena ini untuk regulasi juga. Berhubung kami mencari sosok manajer juga belum dapat, akhirnya saya ditunjuk oleh manajemen untuk menjadi manajer,” terang Kas Hartadi

“Bagi saya yang penting kami bisa mengatur semuanya. Baik di lapangan maupun di luar lapangan, saya harus mengatur semuanya,” tandasnya.

4 dari 4 halaman

Kebut Persiapan

PSIM Yogyakarta kini ngebut melakukan persiapan jelang menghadapi Liga 2 2023/2024. Skuad klub berjulukan Laskar Mataram itu sudah digembleng latihan sejak 1 Juli 2023 lalu.

Kas Hartadi mengatakan, dirinya dan tim pelatih PSIM fokus mempersiapkan pemain jelang kompetisi Liga 2 yang rencananya diputar mulai 8 September 2023 mendatang.

Pelatih yang juga pernah membesut Persipa Pati itu memastikan saat ini skuadnya hampir komplet. PSIM tinggal menunggu kedatangan dua pemain asing, sesuai regulasi baru yang diterapkan operator kompetisi.

Adapun sejumlah pemain anyar yang bakal memperkuat Laskar Mataram pada musim mendatang antara lain Bhudiar Riza, Wahyu Tri Nugroho, Bryan Cesar, Hariono, Dias Angga Putra, Hendra Wijaya, I Nyoman Sukarja, Jajang Sukmara, Ari Maring, Joko Supriyanto, dan Achmad Faris.

Sementara beberapa pemain musim lalu yang mendapat perpanjangan kontrak ada Ilham Syafri Noer, Hapidin, Sendri Johansah, Ghulam Fatkur, Sugiyanto Baitul Rohman, Savio Sheva, Yudha Alkanza, dan Andriyansyah.

Video Populer

Foto Populer