Sukses


Duel Pelatih Dewa United Vs Persija di BRI Liga 1: Adu Strategi Arsitek Belanda Kontra Jerman

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta akan bertandang ke markas Dewa United di Indomilk Arena pada pekan ke-10 BRI Liga 1, Jumat (25/8/2023) malam WIB. Duel ini menjadi ajang adu taktik pelatih impor asal Belanda versus Jerman.

Melakoni pertandingan ini, kedua tim sama-sama tidak dalam performa terbaik. Dewa United tak pernah menang dalam lima pertandingan terakhir, dengan perincian tiga kekalahan dan dua hasil imbang.

Di sisi lain, Persija Jakarta hanya mampu meraih dua hasil imbang dan menelan satu kekalahan dari tiga laga terakhir di BRI Liga 1 musim ini.

Torehan tersebut membuat Persija kini berada di peringkat kesembilan klasemen sementara liga dengan nilai 13. Mereka hanya unggul satu angka atas Dewa United yang bercokol di tempat ke-11.

Bakal saling bentrok, Deity Warriors dan Tim Macan Kemayoran sama-sama mengincar kemenangan demi menyudahi tren minor. Raihan tiga poin juga bakal mendongkrak posisi di klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024.

Pertandingan ini menjadi ajang adu taktik duo pelatih asing, Jan Olde Riekerink di kubu Dewa United dan Thomas Doll di sisi Persija Jakarta. Lantas, bagaimana statistik kedua pelatih tersebut?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Skema 4-3-3 Milik Jan Olde Belum Efektif

Jan Olde Riekerink resmi ditunjuk sebagai pelatih Dewa United pada 1 Januari 2023. Pernah menangani klub rakasa Turki, Galatasaray, Jan Olde diharapkan mampu mendongkrak performa Dewa United di BRI Liga 1.

Namun, pelatih berusia 60 tahun tersebut tak mampu memperbaiki posisi Dewa United. Hingga akhir musim lalu, Deity Warriors berada di peringkat ke-17 dari 18 tim yang berlaga.

Beruntung, Dewa United tak terlempar ke Liga 2 karena PSSI dan LIB memutuskan untuk mendiadakan degradasi.

Memasuki musim ini, Jan Olde Riekerink membawa Dewa United meraih hasil positif. Menerapkan taktik 4-3-3, Dewa United tak terkalahkan dalam empat laga pembuka Liga 1, dengan perincian tiga kemenangan dan sekali imbang.

Namun selepas itu, strategi 4-3-3 yang diusung Jan Olde di Deity Warriors tak berjalan efektif. Hal tersebut terlihat dalam lima laga terakhir, di mana Dewa United gagal meraih kemenangan.

Bersua Persija Jakarta, pelatih bernama lengkap Johannes Hendrikus Olde Riekerink tersebut diprediksi masih mengusung formasi 4-3-3. Jan Olde akan mengandalkan Egy Maulana Vikri, Alex, dan Majed Osman di lini untuk membobol gawang Persija.

3 dari 4 halaman

Thomas Doll Utak Atik di Lini Depan

Sementara itu, Thomas Doll telah duduk di kursi pelatih Persija Jakarta sejak 24 April 2022. Catatan pelatih asal Jerman itu di Tim Macan Kemayoran juga terbilang oke.

Dari 43 pertandingan bersama Persija, Doll berhasil membawa timnya meraih 23 kemenangan, 10 hasil imbang, dan menelan 10 kekalahan. Meski begitu, Thomas Doll memiliki kendala di lini depan Persija Jakarta pada musim ini.

Saat ini, Persija hanya memiliki Marko Simic dan Aji Kusuma untuk menghuni pos di lini depan. Namun, performa keduanya masih belum memuaskan.

Simic baru mendulang dua gol dari lima pertandingan, sedangkan Aji belum pernah mencatatkan namanya di papan skor dari delapan laga yang dijalani.

Tak heran jika akhirnya Thomas Doll kerap mengutak-atik lini depan Tim Macan Kemayoran. Bahkan, dalam beberapa laga terakhir, Doll menerapkan taktik 3-5-2 dan tanpa striker murni alias false nine.

Berhadapan dengan Dewa United, Thomas Doll diprediksi masih akan memainkan formasi 3-5-2. Riko Simanjuntak dan Ryo Matsumura berperan sebagai false nine.

4 dari 4 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer