Sukses


3 Kejadian Luar Biasa Timnas Indonesia Sepanjang Piala AFF U-23 2023: Nyaris Gagal Lolos Fase Grup, Melaju hingga Final!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 mengakhiri kiprah di Piala AFF U-23 2023 sebagai runner-up. Tim asuhan Shin Tae-yong itu kalah dari Vietnam melalui adu penalti pada laga puncak yang digelar di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023).

Timnas Indonesia U-23 tampil sangat baik selama 120 menit permainan melawan Vietnam di laga puncak Piala AFF U-23 2023.

Namun, kiper dari kedua tim sama-sama bermain sangat baik dalam laga puncak. Ernando Ari bahkan mampu melakukan penyelamatan penalti Nguyen Quoc Viet pada menit ke-34.

Namun, setelah lima eksekutor dari masing-masing tim melakukan tugasnya pada babak adu penalti dengan baik, Ernando Ari yang maju sebagai eksekutor keenam Timnas Indonesia U-23 harus menunduk lesu setelah sepakannya bisa dihentikan kiper Vietnam, Quan Van Chuan.

Namun, penampilan Timnas Indonesia U-23 di pertandingan final ini sangat baik, terutama jika melihat bagaimana para pemain tampil di fase grup. Peningkatan jelas terlihat dari skuad Garuda Muda di turnamen yang digelar di Thailand itu.

Bahkan ada sejumlah kejutan yang terjadi selama Timnas Indonesia U-23 mengikuti Piala AFF U-23 2023. Momen kejutan apa sajakah yang dialami Tim Garuda Muda selama berlaga di Thailand?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kalah dari Malaysia, Hanya Menang Tipis atas Timor Leste

Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam Grup B Piala AFF U-23 2023 bersama Malaysia dan Timor Leste. Bicara di atas kertas, kemenangan atas Malaysia akan membantu Tim Garuda Muda melangkah lebih mudah. Namun, bukan itu yang terjadi.

Secara mengejutkan Tim Garuda Muda takluk 1-2 dari Malaysia di pertandingan pertama Grup B Piala AFF U-23 2023. Padahal Ramadhan Sananta membawa Timnas Indonesia U-23 unggul lebih dulu pada menit ke-29.

Namun, Malaysia mampu melakukan comeback lewat brace yang dicetak oleh Fergus Tierney lewat titik putih pada menit ke-54 dan gol keduanya pada menit ke-63.

Tim asuhan Shin Tae-yong itu pun dalam situasi sulit. Satu-satunya yang bisa menyelamatkan mereka adalah lebih dulu memastikan kemenangan besar atas Timor Leste agar bisa memiliki modal selisih gol yang besar untuk memperbesar kans ke semifinal, termasuk lewat jalur runner-up terbaik.

Nyatanya, Timnas Indonesia U-23 hanya berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Timor Leste berkat gol yang lagi-lagi dicetak oleh Ramadhan Sananta.

3 dari 4 halaman

Tergantung Tim Lain, Akhirnya Lolos ke Semifinal

Kalah 1-2 dari Malaysia dan menang tipis 1-0 atas Timor Leste membuat Timnas Indonesia U-23 memiliki angka 0 dalam selisih gol, dengan produktivitas dua gol dan kebobolan dua gol.

Tim Garuda Muda berada di puncak klasemen kecil runner-up terbaik berkat kemenangan atas Timor Leste.

Namun, kans Timnas Indonesia U-23 ke semifinal masih tergantung kepada tim lain, yaitu hasil antara Thailand kontra Kamboja di Grup A, duel Malaysia kontra Timor Leste di Grup B, dan laga Vietnam kontra Filipina di Grup C.

Andai Kamboja menang atas Thailand, atau Filipina menang atas Vietnam, maka Timnas Indonesia U-23 dipastikan bakal pulang lebih cepat.

Namun, berkat kemenangan Malaysia atas Timor Leste, kemenangan Thailand atas Kamboja, dan kemenangan Vietnam atas Filipina membuat Tim Garuda Muda berhasil melangkah ke semifinal dengan status runner-up terbaik.

4 dari 4 halaman

Menang Telak atas Thailand untuk ke Final

Setelah berhasil lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia U-23 dipastikan menghadapi Thailand yang menjadi juara Grup A. Menghadapi tim tuan rumah menjadi laga yang diperkirakan sulit untuk dimenangkan.

Namun, Timnas Indonesia U-23 malah membuat kejutan dengan meraih kemenangan cukup besar dengan skor 3-1. Jeam Kelly Sroyer membuka kemenangan Tim Garuda Muda lewat gol pada saat laga baru berjalan 10 menit.

Kemudian Muhammad Ferarri menggandakan keunggulan Tim Garuda Muda pada menit ke-23, sementara Thailand sempat memperkecil jarak lewat gol Chukid Wanpraphao pada menit ke-27.

Namun, Timnas Indonesia U-23 menambah lagi keunggulannya lewat gol bunuh diri Natcha Promsomboon pada masa injury time babak pertama.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer