Sukses


Pesan Erick Thohir usai Timnas Indonesia U-23 Gagal Jadi Kampiun Piala AFF U-23 2023: Tetap Semangat!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 gagal menjuarai ajang Piala AFF U-23 2023. Tim Merah-putih kalah dari Vietnam pada laga final.

Timnas Indonesia U-23 kalah melalui drama adu penalti 5-6 (0-0) dari Vietnam di pertandingan final Piala AFF U-23 2023 di Stadion Rayong Province, Thailand, Sabtu (26/8/2023) malam WIB.

Ketua PSSI, Erick Thohir turut menyampaikan pesan setelah kegagalan Timnas Indonesia U-23 di final melawan Vietnam. Pihaknya meminta pasukan Shin Tae-yong untuk tetap mempertahankan semangat dan motivasinya.

“Terima kasih. Kalian luar biasa! Tetap semangat Garuda Muda,” tulis Erick Thohir di akun Instagram pribadinya pada Sabtu (26/8/2023) malam WIB.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perjalanan Berliku

Adapun perjalanan Timnas Indonesia U-23 dalam mengarungi Piala AFF U-23 2023 cukup berliku. Garuda Muda tergabung dalam Grup B Piala AFF U-23 2023 bersama Malaysia dan Timor Leste.

Timnas Indonesia U-23 langsung kalah pada laga pertama menghadapi Malaysia dengan skor 1-2. Padahal Ramadhan Sananta membawa Timnas Indonesia U-23 unggul lebih dulu pada menit ke-29.

Kemudian Timnas Indonesia U-23 hanya menang tipis 1-0 atas Timor Leste, dan berhak lolos ke semifinal dengan predikat runner-up terbaik.

3 dari 4 halaman

Dibantu Tim Lain

Tim Garuda Muda berada di puncak klasemen kecil runner-up terbaik berkat kemenangan atas Timor Leste.

Namun, kans Timnas Indonesia U-23 ke semifinal masih tergantung kepada tim lain, yaitu hasil antara Thailand kontra Kamboja di Grup A, duel Malaysia kontra Timor Leste di Grup B, dan laga Vietnam kontra Filipina di Grup C.

Andai Kamboja menang atas Thailand, atau Filipina menang atas Vietnam, maka Timnas Indonesia U-23 dipastikan bakal pulang lebih cepat.

Namun, berkat kemenangan Malaysia atas Timor Leste, kemenangan Thailand atas Kamboja, dan kemenangan Vietnam atas Filipina membuat Tim Garuda Muda berhasil melangkah ke semifinal dengan status runner-up terbaik.

4 dari 4 halaman

Tendang Tim Kuat

Hal yang paling mengejutkan adalah saat di babak semifinal. Timnas Indonesia U-23 berhasil mendepak tim kuat dan penuh tradisi, Thailand.

Timnas Indonesia U-23 malah membuat kejutan dengan meraih kemenangan cukup besar dengan skor 3-1. Jeam Kelly Sroyer membuka kemenangan Tim Garuda Muda lewat gol pada saat laga baru berjalan 10 menit.

Kemudian Muhammad Ferarri menggandakan keunggulan Tim Garuda Muda pada menit ke-23, sementara Thailand sempat memperkecil jarak lewat gol Chukid Wanpraphao pada menit ke-27.

Namun, Timnas Indonesia U-23 menambah lagi keunggulannya lewat gol bunuh diri Natcha Promsomboon pada masa injury time babak pertama.

Video Populer

Foto Populer