Sukses


Nasib Shin Tae-yong Masih Aman meski Timnas Indonesia U-23 Gagal Juara Piala AFF U-23 2023

Bola.com, Jakarta - Nasib Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas senior dan Timnas Indonesia U-23 tetap aman meski gagal menjuarai Piala AFF U-23 2023 di Thailand.

Shin Tae-yong hanya mampu mengantar Timnas Indonesia U-23 menjadi runner-up Piala AFF U-23 2023 setelah kalah dari Timnas Vietnam U-23 di babak final.

Namun, sedari awal, PSSI memang tidak menargetkan Shin Tae-yong untuk membawa pulang gelar Piala AFF U-23 2023 bersama Timnas Indonesia U-23.

Shin Tae-yong juga mengalami banyak keterbatasan selama memimpin Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023, mulai dari kesusahan memanggil pemain, personel masih terkena sanksi, hingga badai cedera.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Situasi Shin Tae-yong

Kepastian situasi STY dikemukakan oleh Ketua Badan Tim Nasional, Sumardji.

"Tidak berpengaruh terhadap coach Shin Tae-yong. Saya kira tidak. Dia sudah luar biasa. Saya bukan membela, bukan," ujar Sumardji.

"Tetapi, kalau kita lihat, memang coach Shin Tae-yong, dengan kondisi pemain yang pas-pasan seperti itu, bisa meracik dan menyajikan strategi yang luar biasa."

"Menurut saya itu prestasi. Lalu, kalau melihat Piala AFF U-23 2023, jangan dilihat karena itu uji coba. Perjuangan coach Shin Tae-yong sudah maksimal," jelas Sumardji.

3 dari 4 halaman

Kontrak Berakhir Tahun Depan

Timnas Indonesia U-23 memang memulai Piala AFF U-23 2023 dengan kurang meyakinkan akibat dikalahkan Timnas Malaysia U-23 1-2.

Namun, Shin Tae-yong mampu membangkitkan tim berjulukan Garuda Muda itu dengan mengalahkan kandidat kuat juara, Timnas Thailand U-23, dengan skor 3-1 di semifinal Piala AFF U-23 2023.

Shin Tae-yong telah memperpanjang kontraknya bersama PSSI yang mulanya berakhir pada akhir tahun ini menjadi setelah Piala Asia 2023 di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024.

4 dari 4 halaman

Masih Nihil Gelar

Kegagalan meraih trofi Piala AFF U-23 2023 membuat Shin Tae-yong masih belum bisa mempersembahkan gelar untuk Timnas Indonesia sejak melatih pada Januari 2020.

"Coach Shin Tae-yong sudah luar biasa. Saya ada di dalam tim. Saya bisa bicara seperti ini karena saya tahu," kata Sumardji.

"Saya tahu bagaimana coach Shin Tae-yong meramu dan memberikan motivasi serta semangat kepada anak-anak, termasuk kami semua yang ada di dalam," ucapnya.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer