Sukses


4 Tim ASEAN Lolos Piala Asia U-23 2024: Vietnam, Thailand, dan Timnas Indonesia Meyakinkan, Malaysia Beruntung

Bola.com, Jakarta - Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 telah rampung digelar pada Selasa (12/9/2023) malam WIB. Tercatat ada empat tim asal Asia Tenggara (ASEAN) yang berhasil memastikan diri tampil di putaran final yang bakal digelar di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei 2024 itu.

Dari 16 tim yang lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024, Vietnam menjadi tim pertama yang berhasil memastikan diri lolos, selain Qatar yang menjadi tuan rumah. Vietnam menjadi juara Grup C, mengungguli Yaman, Singapura, dan Guam.

Sepanjang fase kualifikasi, Vietnam mencatatkan 9 gol dan hanya 2 kali kebobolan dalam tiga pertandingan. Mereka menang 6-0 atas Guam dan 1-0 atas Yemen.

Hasil dua laga pertama itu membuat Vietnam menjadi tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 hingga akhirnya ditahan imbang Singapura dengan skor 2-2 pada laga terakhir.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 melangkah ke putaran final Piala Asia U-23 2024 dengan catatan sempurna.

Berada satu grup dengan Chinese Taipei dan Turkmenistan, Tim Garuda Muda sukses mengemas total 11 gol dan tanpa kebobolan, masing-masing berkat kemenangan 9-0 atas Chinese Taipei dan 2-0 atas Turkmenistan.

2 dari 4 halaman

Thailand Ungguli Malaysia

Sementara itu pertarungan yang sengit antara dua tim Asia Tenggara terjadi di Grup H. Thailand dan Malaysia, plus Filipina, dan Bangladesh berada di grup tersebut.

Thailand dan Malaysia pun menjadi dua tim yang berebut tiket sebagai juara grup hingga kedua tim bertemu pada laga terakhir.

Sebelum bertemu Malaysia, Thailand menang 5-0 atas Filipina dan 3-0 atas Bangladesh. Sementara Malaysia menang 2-0 atas Bangladesh dan 4-0 atas Filipina.

Kemenangan tanpa kebobolan itu membuat kedua tim sama-sama percaya diri untuk saling mengalahkan pada laga terakhir Grup H.

Pada akhirnya, Thailand berhasil memastikan diri lolos sebagai juara grup setelah menang tipis 1-0 atas Malaysia. Beruntung tim Harimau Muda juga berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 melalui jalur runner-up terbaik.

3 dari 4 halaman

Malaysia Beruntung

Mengapa Malaysia disebut beruntung? Malaysia berada di posisi keempat dalam klasemen runner-up terbaik, atau menempati slot terakhir tim yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 dari jalur runner-up terbaik.

Sesuai regulasi, klasemen runner-up hanya menghitung laga melawan tim juara grup dan peringkat ketiga. Artinya hasil pertandingan Malaysia melawan Bangladesh, yang menjadi juru kunci atau peringkat keempat Grup H tidak dihitung.

Malaysia memiliki tiga poin dengan 4 gol dan 1 kebobolan setelah hasil melawan Bangladesh tidak dihitung. Jumlah poin Malaysia jadi satu-satunya yang berbeda di antara empat tim yang lolos sebagai runner-up terbaik, di mana Kuwait, Tajikistan, dan China memiliki empat poin di klasemen kecil itu.

Malaysia juga beruntung karena dengan tiga poin tersebut, mereka mengungguli lima tim lain yang juga memiliki jumlah poin yang sama.

Bahkan Malaysia sebenarnya benar-benar memiliki torehan yang sama dengan Iran yang persis ada di bawahnya, yaitu tiga poin dengan empat gol dan sekali kebobolan.

Namun, melalui mekanisme penghitungan hingga ke poin disiplin, Malaysia lebih unggul. Tim Harimau Muda hanya mengalami minus 4 pada kategori ini, sementara Iran tercatat sampai minus 9, atau dalam arti Iran lebih banyak mendapatkan kartu ketimbang Malaysia di fase kualifikasi ini.

4 dari 4 halaman

Hasil Akhir Tim ASEAN di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Lolos ke Piala Asia U-23 2024

  • Vietnam (Juara Grup C)
  • Thailand (Juara Grup H)
  • Indonesia (Juara Grup K)
  • Malaysia (Posisi 4 Runner-up terbaik)

Tersingkir

  • Brunei Darussalam (Peringkat 4 Grup A)
  • Myanmar (Peringkat 3 Grup B)
  • Singapura (Peringkat 3 Grup C)
  • Timor Leste (Peringkat 3 Grup F)
  • Filipina (Peringkat 3 Grup H)
  • Laos (Peringkat 3 Grup I)
  • Kamboja (Runner-up Grup J)

Video Populer

Foto Populer