Sukses


BRI Liga 1: Gustavo Almeida Harus Absen Melawan Persebaya, Pelatih Arema FC Mulai Mengeluh

Bola.com, Malang - Hanya meraih satu poin ketika bermain imbang tanpa gol menghadapi Persita Tangerang, Sabtu (16/9/2023), disesali Arema FC. Laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, membuat Dendi Santoso dkk. gagal lepas dari zona degradasi.

Tim berjulukan Singo Edan tetap berada di posisi ke-16 dengan 10 poin dari 12 laga yang sudah dimainkan. Tak hanya itu, ada kerugian lain yang didapatkan Arema FC, yaitu kartu kuning yang didapatkan Gustavo Almeida pada menit ke-37.

Wasit memberinya kartu kuning setelah Gustavo melanggar bek Persita, Christian Rontini. Striker asal Brasil itu memang bisa tampil sampai laga usai, tetapi imbasnya dia absen dalam alga selanjutnya melawan Persebaya Surabaya yang digelar pada 23 September 2023.

Padahal laga tersebut sarat gengsi. Duel dua tim yang selama ini menjadi rival. Selain itu, pelatih Arema FC, Fernando Valente, menjadi sorotan, karena berhadapan dengan putranya yang jadi andalan lini tengah Persebaya, Ze Valente.

"Sejak saya datang, ada beberapa masalah. Ada beberapa yang punya kartu kuning dan cedera. Masalah ini masih ada, dan pertandingan selanjutnya, kami harus bermain tanpa Gustavo," ujar pelatih Arema FC asal Portugal ini.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Harus Mengubah Komposisi

 

Ini membuat Fernando Valente harus mengubah komposisi lini depan. Padahal dia tidak ingin terlalu banyak mengubah starting XI di setiap pertandingan.

"Jika kami ahrus selalu mengganti pemain, itu akan sangat sulit menciptakan cara bermain yang diinginkan," keluhnya.

Saat bermain imbang melawan Persita Tangerang, Arema FC tidak bisa menurunkan Dedik Setiawan di lini depan karena akumulasi kartu.

Padahal dia mulai menemukan bentuk permainannya. Dedik sudah membuat satu assist dan satu gol dalam dua laga sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Performa Tidak Konsisten

Lebih lanjut, Fernando Valente mengaku jika performa timnya saat ini belum stabil. Itu tidak lepas dari persoalan pemain yang absen, sehingga dia belum bisa menurunkan komposisi tim terbaik. Pemain pengganti dianggap belum memahami cara bermain yang diinginkannya.

"Saat ini kami tidak punya pemain yang dalam satu level. Misalnya Arkhan Fikri, dia pemain bagus, tetapi baru sekali berlatih dan langsung bermain melawan Persita. Jadi masih butuh pemahaman lagi tentang ide bermain yang kami inginkan," tegasnya.

Saat melawan Persebaya, selain Gustavo Almeida, ada dua pemain belakang Arema FC yang berkutat dengan cedera, yaitu Ichakka Diara dan Ahmad Alfarizi. Meski ada waktu sepekan pemulihan, keduanya masih diragukan bisa tampil melawan Persebaya.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer