Sukses


Ketua PSSI Umumkan Pembentukan Satgas Independen Antimafia Bola, Ketuanya Maruarar Sirait, Anggotanya Najwa Shihab hingga Akmal Marhali

Bola.com, Jakarta - PSSI mengumumkan pembentukan Satgas Independen Antimafia Bola dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, pada Rabu (20/9/2023) sore WIB.

Ketua PSSI, Erick Thohir, menjelaskan bahwa Satgas Independen Antimafia Bola dipimpin oleh Maruarar Sirait, yang berpengalaman menjadi Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden.

Sementara, anggota dari Satgas Independen Antimafia Bola adalah Najwa Shihab, Akmal Marhali, dan Ardan Adiperdana.

Erick Thohir mengatakan bahwa pendirian Satgas Independen Antimafia Bola menjadi bagian transformasi sepak bola Indonesia berdasarkan kesepakatan Presiden FIFA, Gianni Infantino dengan Presiden RI, Jokowi.

Sementara ruang lingkup kerja Satgas Independen Antimafia Bola meliputi dugaan pengaturan skor atau match fixing hingga sogok-menyogok atau suap di sepak bola Indonesia dan dapat bersinergi dengan Polri hingga Kejaksaan Agung.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ungkapan Erick Thohir

"Tadi pagi, saya bertemu dengan Pak Presiden untuk berdikusi terkait ini. Saya membuka inisiasi tokoh-tokoh publik bisa membantu dan mengawasi serta membersihkan isu-isu yang terekam di masyarakat," ujar Erick Thohir.

"Ada dua, satu di antaranya mengenai pertandingan yang sudah terlalu lama terekam ada pengaturan skor. Kami ingin ada good corporate governance."

"Saya berdiskusi dengan Pak Presiden, dan beliau mendorong tokoh-tokoh publik yang bisa terwakili sehingga progresif dalam beberapa bulan ke depan," imbuh Erick Thohir.

3 dari 4 halaman

Akses Melapor FIFA

Erick Thohir menjelaskan bahwa Satgas Independen Antimafia Bola akan mendapatkan privile dengan diberikan akses untuk berkoordinasi dengan FIFA.

"Bukan tidak mungkin diberikan akses melapor langsung ke FIFA. Kami ingin sepak bola Indonesia bersih dan berprestasi," imbuh Erick Thohir.

"Saya sangat terbuka terkait hasil pengecekan kepada saya juga. Saya bertanggung jawab. Maruarar menjadi ketua, saya berterima kasih kepada dia mau membantu sepak bola Indonesia," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Alasan Maruarar Sirait dan Najwa Shihab

Sementara itu, Maruarar Sirait dan Najwa Shihab mengungkapkan tujuan keduanya bersedia untuk menjadi Satgas Independen Antimafia Bola.

"Saya anggap ini tugas negara. Apalagi Pak Erick Thohir sudah menyampaikan telah berkomunikasi dengan Pak Presiden. Saya menerimanya," ungkap Ara.

"Sejak awal, saya sudah percaya bahwa sepak bola itu bukan hanya urusan satu atau dua pihak, bukan hanya urusan PSSI dan FIFA, bukan hanya urusan kelompok tertentu atau pemilik klub, negeri ini negeri sepak bola," timpal Najwa Shihab.

Video Populer

Foto Populer