Sukses


3 Gelandang Kinclong Pekan 13 BRI Liga 1: Alexis Messidoro Tak Cuma Jago Mengatur Ritme Permainan

Bola.com, Jakarta - Peran pemain berposisi gelandang mungkin paling melelahkan di dunia sepak bola. Bermain di lapangan tengah, mereka menjadi jembatan pertahanan dan penyerangan, termasuk di BRI Liga 1 2023/2024.

Tugas mahaberat itu yang membuat banyak pemain di pos ini terkenal dengan daya tahannya. Naik dan turun sepanjang permainan sudah jadi makanan pokok mereka.

Pada era taktikal yang semakin kompleks, tanggung jawab khusus seorang gelandang semakin pudar. Mereka dituntut serbabisa menjalankan strategi di atas lapangan.

Bertahan seperti Gennaro Gattuso dan menyerang seperti Zinedine Zidane, merupakan pemain impian setiap pelatih. Termasuk di kompetisi BRI Liga 1 2023/2024.

Lantas, siapa saja penghuni lapangan tengah yang tampil kinclong pada BRI Liga 1 pekan ke-13? Berikut ulasan selengkapnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ze Valente (Persebaya Surabaya)

Gelandang Persebaya Surabaya, Ze Valente tengah on-fire. Pemain asal Portugal itu tampil brilian dalam derbi Jawa Timur kontra Arema FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (23/9/2023).

Dibantu Andre Oktaviansyah dan Song Ui-yong, Ze berhasil meredam serangan lawan. Tak hanya itu, ia juga berkontribusi besar dalam kemenangan 3-1 atas sang rival.

Bermain menghadapi ayahnya Fernando Valente yang jadi pelatih Arema FC, Ze sama sekali tak sungkan. Ze menutup penampilan hebatnya dengan sebuah gol dan selebrasi di depan sang ayahanda tercinta.

3 dari 5 halaman

Alexis Messidoro (Persis Solo)

Gelandang lainnya yang bersinar pada akhir pekan lalu adalah Alexis Messidoro. Pemain asal Argentina itu membantu Persis Solo menang atas RANS Nusantara FC di Stadion Maguwoharjo (22/9/2023).

Pemain berusia 26 tahun tersebut memang tampil solid di lapangan tengah. Tidak hanya memutus serangan, ia juga jadi pembeda dalam kemenangan 2-1 yang diraih Laskar Sambernyawa.

Setelah memberikan assist matang untuk gol pembuka yang diciptakan David 'Roni' Gonzalez. Messidoro kemudian jadi penentu kemenangan tandang perdana Persis pada musim ini lewat golnya di pertengahan babak kedua.

4 dari 5 halaman

Francisco Rivera (Madura United)

Francisco Rivera merupakan salah satu gelandang paling konsisten pada musim ini. Dan sekali lagi, ia menunjukkannya saat Madura United bermain imbang dengan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo (24/9/2023).

Walaupun memiliki tugas mengatur serangan Laskar Sape Kerrap, pria asal Meksiko itu tak segan membantu pertahanan. Ia jadi orang pertama yang mengusik build-up tuan rumah.

Keterampilannya dalam bola mati berhasil menyelamatkan Madura United. Umpan manisnya ke kotak penalti disambar Malik Risaldi untuk mengamankan satu poin.

 
5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer