Sukses


Adu Mekanik Pemain Asing Persikabo vs Persis di BRI Liga 1: Laskar Sambernyawa Pincang, Tuan Rumah Bisa Ambil Keuntungan

Bola.com, Jakarta - Duel antara Persikabo 1973 melawan Persis Solo pada laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2023/2024 memperlihatkan catatan yang timpang jika merujuk pada kontribusi pemain asing dari masing-masing kubu.

Menurut jadwal, pertemuan antara Persikabo 1973 melawan Persis Solo ini akan berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, pada Jumat (6/10/2023) pukul 15.00 WIB.

Tim tuan rumah memang masih belum bisa mencatatkan kebangkitan. Mereka sampai saat ini masih terganjal tren negatif. Delapan pertandingan terakhirnya di BRI Liga 1 berujung tanpa kemenangan.

Itulah mengapa, Laskar Padjadjaran terperosok di peringkat ke-17 klasemen dengan koleksi sembilan poin. Adapun Persis Solo berada di urutan ke-10 dengan mengumpulkan 19 poin dari 14 laga.

Ketimpangan antara kedua kubu ini juga dapat dilacak dari performa para pemain asingnya. Tim tamu memiliki banyak penggawa impor yang bisa diandalkan ketimbang para pemain asing milik tuan rumah.

Sayangnya, Persis tak bisa menurunkan semua pemain asing andalannya karena berbagai alasan. Ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi Laskar Padjadjaran untuk mengamankan tiga poin pertamanya di bawah asuhan Aji Santoso.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Barisan Pertahanan

Persis Solo tampaknya harus kehilangan salah satu pemain asingnya, Jaimerson Xavier, saat bertandang ke markas Persikabo 1973. Sebab, bek asal Brasil ini sempat diganjar kartu merah pada laga sebelumnya.

Dengan kata lain, Laskar Sambernyawa hanya bisa mengandalkan Diego Bardanca saja di sektor pertahanan. Sebelumnya, bek berpaspor Filipina ini juga harus absen karena akumulasi kartu kuning. 

Sementara itu, Laskar Padjadjaran masih bisa mengandalkan Nikola Kovacevic. Bek berpaspor Serbia ini punya tugas berat untuk memperbaiki catatan kebobolan Persikabo 1973 di BRI Liga 1 musim ini.

Sebab, mereka sudah kebobolan 25 gol dar 14 laga. Ini menjadi catatan terburuk ketiga setelah Bhayangkara FC (27 gol) dan Arema FC (26 gol). Adapun Persis Solo sendiri baru kebobolan 21 gol.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Sektor Tengah

Persikabo 1973 tentu bisa bernafas lega karena Persis Solo bakal datang tanpa gelandang asing andalannya, Alexis Messidoro. Pasalnya, pemain asal Argentina itu tengah menjalani sanksi akibat akumulasi kartu kuning.

Messidoro memang berstatus sebagai pemain paling kreatif di lini tengah Laskar Sambernyawa. Setidaknya, dia sudah berhasil menciptakan tujuh assist dari tiga gol dari 13 penampilannya di BRI Liga 1.

Meskipun demikian, mereka tetap harus mewaspadai kehadiran Moussa Sidibe. Sebab, pemain asal Mali ini sudah mencetak satu gol dan empat assist untuk tim asal Kota Bengawan.

Tim asuhan Aji Santoso tampaknya masih akan mengandalkan Kaishu Yamazaki di sektor tengah. Dia bakal menopang Joao Pedro alias Pedrinho yang berstatus sebagai pemain Persikabo paling moncer di sektor ini. Setidaknya, Pedrinho sudah mencetak satu gol dan dua assist.

4 dari 5 halaman

Lini Serang

Selain itu, ketimpangan antara kedua tim juga terlihat ketika membandingkan kontribusi para pemainnya di lini serang, terutama untuk pemain impor. Sebab, Persikabo tak punya banyak pilihan di sektor lini.

Pemain asing paling moncer milik Laskar Padjadjaran ialah Jose Varela. Pemain yang biasa menempati sektor sayap ini tercatat baru bisa mencetak tiga gol dari 14 pertandingan.

Itulah sebabnya, catatan gol dari kedua kubu terhitung timpang. Jika Persikabo baru bisa menghasilkan 15 gol pada musim ini, Persis sudah 21 kali menjebol gawang lawan di BRI Liga 1 2023/2024.

Laskar Sambernyawa sebetulnya punya lebih banyak opsi untuk lini serang. Sayangnya, mereka masih harus berjuang tanpa Fernando Rodriguez yang telah mencetak lima gol karena masih berada di Spanyol.

Satu-satunya pemain asing yang bisa menjadi opsi di sektor ini ialah David Gonzales dengan koleksi dua gol dan dua assist.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer