Sukses


Deretan Pemain Asing Suwon FC, Klub K-League 1 yang Mengincar Pratama Arhan

Bola.com, Jakarta Pratama Arhan dikabarkan segera berkostum salah satu klub K-League 1, Suwon FC. Rumor akan merapatnya bek andalan Timnas Indonesia itu kali pertama disampaikan oleh media ternama Korea Selatan, Chosun.

Dalam keterangannya, media tersebut menyebut bahwa Suwon FC telah mencapai kesepakatan dengan pemain yang kini membela Tokyo Verdy di J2 League tersebut. Pertimbangan Suwon FC merekrut Pratama Arhan yakni untuk meningkatkan nilai klub. Plus menambah kekuatan di sektor pertahanan.

Saat ini, Suwon FC menempati peringkat ke-10 dari 12 peserta. Tim besutan Kim Do-kyun tersebut mengemas 30 poin dari 32 pertandingan. Hasil dari delapan kemenangan, enam seri, dan 18 kekalahan.

Klub yang berdiri pada 2003 itu telah eksis di K-League 1 sejak 2013. Kini, sudah satu dekade lamanya mereka berkiprah di kasta terelite Liga Korea Selatan. Seandainya deal, Pratama Arhan bakal menjadi pemain Asia Tenggara pertama yang memperkuat Suwon FC.

Di sisi lain, kontrak Pratama Arhan bersama Tokyo Verdy akan berakhir per 31 Januari 2024. Pemain asal Blora, Jawa Tengah itu bisa pindah ke Suwon FC dengan status bebas transfer.

Saat ini, Suwon FC diperkuat lima pemain asing. Mereka berasal dari berbagai negara. Mulai Brasil, Australia, hingga Afrika Selatan. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 6 halaman

Hugo Gomes

Yang pertama ada Hugo Gomes berposisi bek tengah. Pemain asal Brasil itu bergabung dengan Suwon FC pada 7 Juli 2023. Sebelumnya, Hugo bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Portugal, Rio Ave.

Sejauh ini, bek berusia 28 tahun itu tampil sebanyak 11 pertandingan atau 936 menit bermain. Hugo Gomes selalu jadi andalan mengawal lini belakang Suwon FC. Dia sudah mengamas dua kartu kuning dan satu kartu merah.

 

3 dari 6 halaman

Walterson Silva

Selanjutnya ada Walterson Silva. Dia berposisi winger dan berasal dari Brasil. Sama seperti Hugo Gomes, Silva juga mencatat debutnya di kompetisi Liga Korea Selatan musim ini. Dia didatangkan pada 7 Juli 2023 lalu. Tim terakhir yang dibelanya adalah Moreirense, klub asal Portugal.

Pemain berusia 28 tahun itu sudah mencatat delapan penampilan di K-League 1. Walterson Silva membukukan satu gol dan dua kartu kuning. Gol tersebut dicetak kala timnya bersua Ulsan Hyundai (24/8/2023). Sayangnya, pada laga ini Suwon FC kalah tipis 2-3.

4 dari 6 halaman

Ricardo Lopes

Ricardo Lopes menjadi pemain asing ketiga asal Brasil yang memperkuat Suwon FC. Lopes berposisi winger. Pemain berusia 32 tahun itu sudah malang melintang membela sejumlah klub seperti Vorskla Poltava, JEF Utd. Chiba, Jeonbuk Hyundai, Jeju United, hingga SH Port Res.

Bersama Suwon FC, Ricardo Lopes tampil delapan kali dan mengukir satu gol. Gol itu ia lesakkan kala menahan imbang FC Seoul dengan skor 1-1 pada (30/9/2023).

 

5 dari 6 halaman

Lachlan Jackson

Barisan belakang Suwon FC juga diperkuat satu pemain asing asal Australia. Dia adalah Lachlan Jackson. Bek tengah berusia 28 tahun itu sudah memperkuat Suwon FC sejak musim 2021.

Pada K-League 1 musim ini, Jackson mencatat 21 penampilan atau 1.658 menit bermain. Dari jumlah tersebut, 18 laga di antaranya tampil sebagai starter. Selama dua musim berkostum Suwon FC, Lachlan Jackson mencetak empat gol plus dua assist.

 

6 dari 6 halaman

Lars Veldwijk

Lars Veldwijk menjadi pemain asing terlama yang memperkuat Suwon FC. Dia didatangkan pada musim 2020 silam. Penyerang asal Afrika Selatan yang lahir dan besar di Belanda itu menjadi andalan lini depan Suwon FC.

Kala itu, Veldwijk diboyong dari tim papan atas Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai. Selama kariernya, striker berusia 32 tahun itu tercatat pernah berkostum Sparta Rotterdam hingga bermain untuk salah satu tim asal Inggris, Nottingham Forest.

Pada musim ini, Veldwijk bermain sebanyak 22 pertandingan buat Suwon FC. Dia tampil cukup apik dengan mengemas sembilan gol dan lima assist.

Video Populer

Foto Populer