Sukses


Rekor Pertemuan Persebaya Vs Persib di Kandang Bajul Ijo: Siapa Lebih Dominan?

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya bakal menghadapi pertandingan yang tak mudah di pekan ke-13 BRI Liga 1 2023/2024. Mereka dijadwalkan menjamu Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (23/9/2023).

Persib Bandung sudah melewati tiga laga terakhir dengan kemenangan, masing-masing atas Persikabo 1973, Bhayangkara FC, dan Persita Tangerang. Tim terakhir itu bahkan dibantai 5-0 oleh Maung Bandung.

Mereka kini menduduki posisi ketiga klasemen sementara dengan 24 poin dari 14 laga. Persib jadi tim paling produktif di Liga 1 dengan telah mencetak 26 gol, angka yang sama dengan Madura United di posisi kedua.

Di sisi lain, Persebaya malah tampil belum stabil sejak ditangani pelatih Josep Gombau. Hasilnya, mereka sempat kalah 0-3 dari Madura United, lalu menang 3-1 atas Arema FC. Terbaru, mereka bermain imbang 1-1 melawan Dewa United.

Satu-satunya kemenangan itu memang terjadi saat melawan sang rival Arema. Namun, tim Singo Edan sendiri sedang dalam kondisi terpuruk dan kini masih di zona degradasi BRI Liga 1 2023/2024. Duel melawan Persib ini yang akan jadi ujian sesungguhnya.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Bertebaran Fakta Unik

Rekor pertemuan Persebaya saat menjamu Persib rupanya melahirkan fakta unik. Hasilnya imbang saat Bajul Ijo berstatus sebagai tuan rumah. Perhitungan ini bisa dimulai pada 2018, musim pertama Persebaya berkompetisi di Liga 1.

Status sebagai juara Liga 2 2017 membuat Persebaya promosi ke kasta tertinggi lagi. Momen kembali membangkitkan gairah pertemuan dua tim yang sudah bersaing sejak era Perserikatan tersebut.

Pertemuan pertama keduanya tercipta pada 26 Juli 2018. Saat itu, Persebaya yang berada di bawah arahan pelatih Alfredo Vera menjamu Persib di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Sebelum pertandingan, pertandingan dihiasi dengan membludaknya angka penjualan tiket. Sebanyak 50 ribu tiket atau sesuai kapasitas maksimal stadion ludes terjual. Bahkan, banyak antrean di tempat pembelian tiket offline.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa suporter Bonek dan bobotoh Persib memiliki hubungan persaudaraan yang erat. Bonek menyambut sukacita kedatangan saudaranya dari Bandung di berbagai tempat, seperti stasiun maupun terminal bus.

Pertandingan ini berlangsung menarik karena Persib sempat unggul 3-0. Pada akhirnya, Persebaya dipermalukan di hadapan pendukungnya sendiri karena duel itu berakhir dengan skor 4-3 untuk Maung Bandung.

 

3 dari 6 halaman

Saat Persebaya Dilatih Legenda Persib

Berikutnya, Persebaya kembali menjamu Persib di Stadion GBT pada 5 Juli 2019. Menariknya, Bajul Ijo saat itu ditangani oleh Djadjang Nurdjaman yang notabene adalah legenda hidup Persib.

Djadjang Nurdjaman seolah ingin menunjukkan kualitas kepada klub yang pernah dibelanya sejak masih berkarier sebagai pemain itu. Hasilnya, Persebaya mengamuk dengan menang 4-0 dan dihiasi oleh hattrick striker Amido Balde.

Pertemuan antara Persebaya dengan Persib tidak terjadi di Liga 1 2020. Penyebabnya, badai pandemi Covid-19 menerpa dunia sehingga kompetisi sepak bola Indonesia terpaksa dihentikan.

 

4 dari 6 halaman

Laga Penentu Gelar Juara

Bajul Ijo kembali berkesempatan menjamu Persib di Liga 1 2021/2022. Kali ini, situasinya masih dalam kondisi pandemi. Sehingga, kompetisi digelar dengan sistem bubble-to-bubble dan tak ada pertandingan di Jawa Timur.

Persebaya saat itu berstatus sebagai tuan rumah di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, 19 Maret 2022. Menariknya, pertemuan ini menjadi penentu tim juara di musim tersebut.

Dalam pertemuan sebelumnya, Persebaya sukses menang 3-0 atas Persib di putaran pertama. Hasil itu membuat Bajul Ijo memiliki ambisi besar untuk mengalahkan lawannya.

Saat itu, Persib masih masuk dalam persaingan gelar juara Liga 1 2021/2022. Maung Bandung berada di posisi runner-up dengan 66 poin, menempel ketat Bali United di puncak klasemen dengan 69 poin.

Duel ini pada akhirnya berakhir sama kuat dengan skor 1-1. Persib juga kehilangan momen meraih trofi. Bali United sukses mempertahankan gelar yang sudah mereka dapat di Liga 1 2019.

 

5 dari 6 halaman

Jadi Musafir Lagi

Persebaya lagi-lagi terpaksa tidak bisa menjamu Persib di Surabaya dalam Liga 1 2022/2023. Penyebabnya, mereka harus menjadi klub musafir akibat renovasi Stadion GBT. Duel itu akhirnya digelar di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, pada 13 Maret 2023.

Kali ini juga tak ada pemenangnya. Duel itu berakhir dengan skor 2-2. Persebaya sudah sempat unggul 2-0, tapi kemudian kebobolan gol bunuh diri. Striker David da Silva lantas menyelamatkan Persib dari kekalahan di penghujung laga lewat golnya.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

Video Populer

Foto Populer