Sukses


BRI Liga 1: Dilepas PSM, Wiljan Pluim Dirayu Marc Klok untuk Gabung Persib

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, menggoda Wiljan Pluim agar mau bergabung dengan klubnya. Klok melakukan hal tersebut saat berlibur bersama Pluim di Bali.

Wiljan Pluim resmi meninggalkan PSM Makassar pada Senin (9/10/2023). Pemain asal Belanda tersebut cabut dari PSM, setelah tujuh tahun membela klub asal Sulawesi Selatan itu.

Setelah resmi pegi dari Tim Juku Eja, masa depan Pluim menjadi misteri. Bola semakin liar setelah Marc Klok berfoto bersama Wiljan Pluim di sebuah pantai.

"Saya bilang, ayo ke Persib Bandung," kata Marc Klok saat ditanya mengenai pertemuannya dengan Wiljan Pluim.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Segera Diumumkan

Marc Klok menyebut, Wiljan Pluim akan segera mengumumkan klub barunya dalam waktu dekat. Gelandang Timnas Indonesia itu enggan merinci ke mana mantan kompatriotnya di PSM itu akan berlabuh.

"Dia sudah punya klub. Mungkin malam ini atau besok akan diumumkan. Kamu lihat saja nanti, sabar," tegas Marc Klok.

Secara keseluruhan, Wiljan Pluim sudah mencatatkan 178 penampilan dan mencetak 47 gol serta 51 assist untuk PSM Makassar.

Pemain asal Belanda itu juga sukses mempersembahkan gelar Piala Indonesia 2018/2019 dan BRI Liga 1 2022/2023 buat PSM.

3 dari 5 halaman

Ikut Sedih

Sementara itu, Marc Klok mengaku kecewa dengan perlakuan yang diterima Wiljan Pluim pada akhir kariernya di PSM Makassar. Menurut Klok, Pluim pantas mendapatkan perpisahan yang lebih baik karena sudah lama berkarier di Tim Juku Eja.

"Sedih. Akan tetapi, saya juga sedih dengan situasi klub. Mengapa klub membuat dia seperti ini, dia legenda di sana. Saya pikir seharusnya situasinya bisa bikin lebih bagus akhirnya," ucap Klok.

"Namun, ini Indonesia. Semua tahu ada masalah. Kita harus berdamai dengan situasi seperti ini. Akan tetapi, buat saya kita hidup di dunia profesional, kita berada di liga profesional dengan 18 klub profesional, dan seharusnya semua klub itu bisa profesional," jelas Klok.

 

4 dari 5 halaman

Momentum Introspeksi

Selain itu, Marc Klok juga meminta situasi yang dialami Wiljan Pluim ini menjadi intropeksi buat PSM Makassar dan klub BRI Liga 1 lainnya. Dia meminta, pemain dan klub harus saling menghormati dan sadar akan situasinya masing-masing.

"Kami tahu pekerjaan sebagai pemain dan klub juga punya pekerjaan. Ini bisa jadi contoh yang bagus buat klub agar mengevaluasi pekerjaannya. Agar tidak hanya melihat penampilan pemain, juara atau tidak," ucap Klok.

"Namun, juga melihat penampilan dari klub. Apakah pekerjaan klub sudah benar, apakah sudah cukup profesional. Saya rasa mereka juga seharusnya bisa berkaca sekarang, dan ini menjadi momen bagus untuk melakukan evaluasi ulang," ujar Klok.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer