Sukses


Kamboja Naturalisasi Bintang Bali United Privat Mbarga, Bakal Jadi Lawan Timnas Indonesia Nih!

Bola.com, Denpasar - Bali United memiliki dua pemain asing yang biasanya mendapatkan panggilan memperkuat tim nasional, yaitu Elias Dolah dan Mohammed Rashid. Namun, sesaat lagi akan ada satu pemain asing lain di skuad Bali United yang kerap mendapatkan panggilan memperkuat tim nasional.

Pemain Bali United tersebut adalah Privat Mbarga yang dinaturalisasi oleh Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC). Privat Mbarga sedang bertolak ke Kamboja untuk bergabung bersama tim nasional setelah membantu Bali United meraih kemenangan tipis 2-1 atas Bhayangkara FC.

Privat Mbarga pun kemungkinan besar bakal dimainkan oleh Felix Dalmas ketika Kamboja menghadapi Pakistan pada leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Morodoc Techno National Stadium, Phnom Penh, Kamis (12/10/2023).

Kemudian kedua tim akan bertemu lagi di Jinnah Sport Stadium, Islamabad, Pakistan, Selasa (17/10/2023).

"Dengan senang hati, kami menuliskan informasi bahwa tim nasional senior Kamboja akan berpartisipasi dalam Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 putaran pertama saat FIFA Matchday Oktober dan akan menghadapi tim nasional Pakistan pada 12 dan 17 Oktober 2023, dan Jean Marie Privat Befolo Mbarga baru saja dinaturalisasi sebagai warga negara Kamboja dan akan dipanggil untuk berada di skuad Kamboja untuk belaga di pertandingan mendatang," bunyi pernyataan FFC dalam surat yang diterima Bali United.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sudah Gabung Timnas Kamboja

Sementara itu Media Officer Bali United Alexander Maha Putra Oemanas juga membenarkan Privat Mbarga dipanggil ke Timnas Kamboja.

"Surat resmi sudah diterima manajemen, Privat sudah pulang ke Kamboja," ucapnya pada Selasa (10/10/2023).

"Privat sudah pulang ke negaranya untuk membela Timnas Kamboja. Dia menjadi pemain naturalisasi yang akan tampil di FIFA Matchday kali ini," tambah Alex.

 

3 dari 4 halaman

Kamboja juga Menaturalisasi Pemain Jepang

Sebelum Privat Mbarga resmi dinaturalisasi oleh Kamboja, sudah ada pemain asing lain yang dinaturalisasi. Ia adalah Yudai Ogawa.

Gelandang asal Jepang tersebut masuk ke Liga Kamboja pada 2018 lalu. Ia lantas mendapatkan kewarganegaraan Kamboja karena prestasi yang menjanjikan.

Kebetulan Yudai adalah andalan Phnom Penh Crown FC yang sempat menjadi lawan uji coba PSIS Semarang beberapa waktu lalu.

 

 
4 dari 4 halaman

Kok Privat Mbarga Bisa Jadi Pemain Kamboja?

Privat Mbarga punya nilai lebih karena menikah dengan perempuan asal Kamboja. Sejak 2014 ia sudah bermain di Liga Kamboja.

ia mengawali karier di Boeung Ket dan terakhir di Svay Rieng FC sebelum bergabung ke Bali United pada putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022.

Penyerang sayap asal Kamerun tersebut adalah salah satu pemain asing tersukses di Liga Kamboja. Privat Mbarga menjadi top skor pada musim 2019 dan 2020.

Setelah itu, pada tahun 2021, Privat Mbarga memang kehilangan gelar top scorer meski sudah mencetak 21 gol. Namun, Privat Mbarga dianugerahi gelar sebagai menjadi pemain terbaik Liga Kamboja 2021.

Sayangnya hingga sekarang, Privat Mbarga masih belum bisa dihubungi terkait proses naturalisasinya sebagai warga negara Kamboja.

Video Populer

Foto Populer