Sukses


Jelang Piala Dunia U-17 2023, Pemkot Solo Ajukan Bantuan Shuttle Bus ke Pemprov Jateng

Bola.com, Solo - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana mengajukan shuttle bus tambahan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, sebagai armada transportasi untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023.

Kepala Bidang Lalu Lintas Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo, menyebut pihaknya akan menyediakan armada shuttle bus sesuai dengan permintaan FIFA.

Saat ini, sudah ada 10 armada yang disiapkan Pemkot Solo. Angkutan ini disediakan khusus untuk penonton maupun sukarelawan yang bakal bertugas selama hajatan Piala Dunia U-17 2023.

"Pemkot Solo menyiapkan 10 unit bus dari Dishub dan Bagian Umum Setda Solo untuk para penonton dan volunteer Piala Dunia U-17 2023," kata Ari Wibowo.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Armada Masih Kurang

Menurut Ari, jenis shuttle bus yang disediakan merupakan armada yang digunakan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo untuk layanan wisata aglomerasi. Namun, jumlahnya memang dinilai masih belum mencukupi.

Oleh karena itu, pihaknya berencana untuk mengajukan bantuan kepada Pemprov Jawa Tengah. Rencana ini juga sudah disampaikan saat rapat koordinasi dengan Pemprov.

"Kami juga akan mengusulkan 15 unit bus tambahan kepada Pemprov Jawa Tengah," ujar Ari Wibowo.

 

3 dari 5 halaman

Antisipasi Lalu Lintas Padat

Jumlah penonton yang akan berkunjung ke Kota Bengawan diprediksi akan mengalami peningkatan, terutama ketika gelaran Piala Dunia U-17 2023 sudah memasuki fase gugur.

Stadion Manahan nantinya tidak hanya menjadi venue fase grup saja, tetapi juga 16 besar, perempat final, semifinal, hingga final. Jumlah ini berpotensi semakin melonjak jika Timnas Indonesia U-17 bermain di Solo.

Mengantisipasi lonjakan penonton, Dishub Kota Solo juga telah menyiapkan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas alias MRLL. Ada sejumlah kantong parkir yang akan disediakan untuk penonton.

"Untuk MRLL, secara prinsip sebetulnya tidak ada masalah. Apalagi, di dalam Stadion Manahan tidak ada parkir," ujarnya

4 dari 5 halaman

Dukungan Transportasi Publik

Pemkot Solo sebelumnya juga sudah menyiapkan langkah-langkah strategis yang melibatkan operasional transportasi publik untuk membantu penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023.

Untuk mendukung mobilitas penonton selama hajatan ini berlangsung, Pemkot juga menyiapkan armada bus Batik Solo Trans (BST) sebagai salah satu solusi utama.

Tak hanya itu saja, Pemkot juga tak menutup kemungkinan untuk mengajukan penambahan jadwal perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo kepada PT KAI.

5 dari 5 halaman

Saksikan Piala Dunia U-17 2023 di Emtek Group

<p>Piala Dunia U-17 - ilustrasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

 

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

Video Populer

Foto Populer