Sukses


BRI Liga 1: Uston Nawawi Jadi Caretaker Persebaya Sampai Akhir Musim?

Bola.com, Surabaya - Uston Nawawi kembali menjabat sebagai pelatih interim Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2023/2024. Dia memimpin Persebaya yang dalam kondisi terpuruk.

Untuk saat ini, jabatan caretaker hanya berlaku selama sebulan sejak ditunjuk pada 28 Oktober 2023 lalu. Ada kans Uston akan dipermanenkan. Lantas, apa dia akan didapuk sebagai pelatih kepala sampai akhir musim?

"Nanti kita lihat. Yang jelas, kita mencari yang terbaik untuk Persebaya," kata manajer Persebaya, Yahya Alkatiri.

Uston Nawawi dijadwalkan bakal segera mengantongi lisensi AFC Pro. Artinya, dia bisa didaftarkan sebagai pelatih kepala Persebaya Surabaya. Namun, belum ada kepastian kapan dia akan menerima lisensi tersebut.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Nasib Josep Gombau

Di sisi lain, manajemen Persebaya Surabaya belum mengumumkan status Josep Gombau setelah kehilangan jabatan pelatih kepala. Sempat muncul kabar Gombau memang telah keluar dari Persebaya.

Ini juga jadi kali kedua buat Uston menjabat caretaker Tim Bajul Ijo pada musim ini, setelah sebelumnya menggantikan Aji Santoso.

Pelatih asli Sidoarjo itu bertindak sebagai caretaker dengan hasil tak terkalahkan dalam lima laga. Perinciannya cukup impresif dengan mampu memenangi empat di antaranya dan satu laga berakhir imbang.

"Nanti akan diumumkan 1-2 hari ini (soal nasib Gombau)," imbuh Yahya singkat.

 

3 dari 6 halaman

Masih di Surabaya

Kabarnya Gombau saat ini masih berada di Surabaya. Dia juga masih tinggal di apartemen yang disediakan manajemen Persebaya Surabaya bersama istri dan anak-anaknya.

Dua putrinya juga sudah terlanjur terdaftar sebagai siswa di salah satu sekolah internasional Surabaya. Mereka bahkan kerap muncul dalam latihan Persebaya yang biasanya digelar sore hari.

Josep Gombau datang ke Persebaya dengan mendapat mandat dua jabatan sekaligus, yakni direktur teknik dan pelatih kepala pada September lalu. Sebagai pelatih kepala, dia diharapkan bisa mendongkrak performa Bajul Ijo di BRI Liga 1 2023/2023.

 

4 dari 6 halaman

Pernah Latih Tim Junior Barcelona

Josep Gombau memiliki rekam jejak yang unik. Dia pernah melatih tim junior Espanyol dan Barcelona di negara asalnya. Selain itu, dia juga sempat menjadi asisten pelatih Timnas Australia pada 2016-2017.

Pengalamannya sempat berlanjut ke Amerika Serikat dengan menangani Queensboro. Terakhir, dia tercatat melatih Odisha FC, klub kasta tertinggi India. Jangan lupa, dia juga pernah memberi trofi juara untuk klub Hong Kong, Kitchee.

Sayangnya, statusnya sebagai pelatih Persebaya hanya seumur jagung. Dia tercatat menangani Bajul Ijo dalam enam laga dan hasilnya di luar ekspektasi. Mereka hanya meraih empat poin hasil dari satu menang, satu seri, dan empat kalah.

Kekalahan beruntun dalam tiga laga terakhir membuatnya kehilangan jabatan. Masing-masing adalah dipermalukan 2-3 oleh Persib Bandung, kalah 1-3 di markas Bali United, dan babak belur 0-3 di kandang Persik Kediri.

5 dari 6 halaman

Rombak Komposisi Skuad

Persebaya Surabaya kini sedang dalam upaya untuk merombak komposisi skuad memasuki putaran kedua. Namun, mereka belum mengumumkan siapa saja pemain yang berhasil didatangkan.

"Ada (pemain) yang dilepas dan ada yang dipinjamkan. Akan diumumkan di official," ucap Yahya Alkatiri.

Tim Bajul Ijo kini menghuni peringkat ke-11 klasemen sementara BRI Liga 1 musim ini dengan 22 poin. Ada dua pertandingan selama November yang akan mereka lakoni, yakni melawan Barito Putera dan PSIS Semarang.

6 dari 6 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer