Sukses


Jumpa Persis Solo di BRI Liga 1, Tak Ada Pilihan bagi PSS Sleman Selain Menang

Bola.com, Sleman - PSS Sleman sedang dihadapkan situasi sulit jelang menghadapi Persis Solo dalam lanjutan pekan ke-19 BRI Liga 1 2023/2024. Kedua tim bakal berduel di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/11/2023) malam WIB.

PSS Sleman memang bermain di kandangnya sendiri pada laga ini, namun klub yang dijuluki Super Elang Jawa itu berstatus tim tamu. Persis Solo untuk sementara waktu harus terusir dari markasnya karena Stadion Manahan, Solo akan dipakai untuk gelaran Piala Dunia U-17 2023.

Menilik tabel klasemen, PSS Sleman saat ini menempati urutan ke-14 dengan tabungan 19 poin. Sedangkan  Persis Solo berada lebih di peringkat ke-11 dengan koleksi 23 angka.

Duel kontra Persis menjadi tantangan tersendiri buat PSS Sleman. Mereka dituntut untuk bangkit setelah melalui sembilan pertandingan tanpa kemenangan. Terbaru, Tim Elang Jawa takluk 0-1 atas Bali United pada pekan lalu.

Hanya meraih empat hasil imbang dan lima kekalahan dalam sembilan laga terakhir di BRI Liga 1 membuat penggawa Super Elang Jawa dalam tekanan. Hal itu disadari betul oleh sang pelatih, Bertrand Crasson.

"Secara psikologis, para pemain harus memiliki mental juara sebagai proses meraih kemenangan. Itu yang membuat kami optimis meraih kemenangan dari mereka,” ujar Crasson.

"Ke depannya, kami tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama," tandasnya.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)><

2 dari 5 halaman

Tidak Buruk

Meski gagal mencatat kemenangan, arsitek asal Belgia itu menyebut permainan timnya tidak buruk-buruk amat. Hanya memang kurang beruntung saja. Begitulah dalih Bertrand Carasson kala PSS dibekuk Bali United di kandang Minggu lalu.

Termasuk, pada laga sebelumnya ketika PSS Sleman ditahan imbang 2-2 Persik Kediri. Pelatih berlisensi UEFA Pro itu menilai, Kim Kurniawan dkk. sudah tampil bagus.

"Tentu saja kami kecewa dengan hasilnya tapi kalau dilihat melawan Persik Kediri, Bali United bisa dibilang kami sudah bermain dengan baik dan memang kami sedang berada di situasi buruk," katanya.

"Kami harus menerima realita sekarang dan tidak bisa jatuh dalam komentar negatif buat tim. Tapi saya tidak mau menyalahkan pemain karena kami sudah melakukan apa yang kami bisa dan punya," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Evaluasi dan Pembenahan

Yang pasti, Bertrand Crasson menegaskan, skuad PSS sudah melupakan rentetan hasil buruk di beberapa laga terakhir. Dia menyebut, timnya menatap pertandingan kontra Persis dengan semangat baru.

Masa persiapan yang dilakukan di Lapangan Pakembinangun, Sleman disebut Crasson berjalan cukup lancar. Tidak ada kendala dan para pemain dalam kondisi baik.

“Saya memberikan latihan dengan berbagai rencana pertandingan. Seperti yang sudah diketahui, dalam pertandingan ini kami membutuhkan dan wajib meraih kemenangan dari Persis Solo,” ucap Bertrand Crasson.

“Saya telah menyiapkan beberapa rencana permainan untuk merespons apa yang terjadi dalam situasi di pertandingan. Itulah materi latihan yang kami berikan," tambah dia.

4 dari 5 halaman

Lawan Berat

Disinggung soal kekuatan sang calon lawan, Bertrand Carasson mengakui bahwa Persis Solo adalah tim tangguh yang dihuni banyak pemain mumpuni. Dia pun menaruh kewaspadaan kepada skuad Laskar Sambernyawa yang berpotensi menyulitkan timnya.

"Seperti pada umumnya tim sepak bola Liga 1 di Indonesia, mereka memiliki para pemain asing yang sangat menjadikan pembeda bagi sebuah tim dengan bermain tiga bek. Melihat hal tersebut, kami harus bisa beradaptasi menghadapinya,” ungkap Crasson.

Laskar Sambernyawa sebetulnya diuntungkan dengan persiapan jelang laga nanti. Hal ini lantaran duel antara Persebaya Surabaya kontra Persis Solo di pekan ke-18 yang sedianya dihelat pada 2 November ditunda karena alasan ketersediaan venue pertandingan.

Meski begitu, Bertrand Crasson tidak begitu mempersoalkan. Dia berujar, timnya tidak terpengaruh dengan situasi tersebut.

“Menurut saya, itu tidak menjadi pengaruh bagi tim. Kami menjalani sesuai dengan jadwal yang ada seperti latihan pra pertandingan, pertandingan dan pasca pertandingan,” pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Tengok Posisi Persis Solo dan PSS saat Ini

Video Populer

Foto Populer