Sukses


Nasib Apes Bonek Belanda, Datang dari Jauh tapi Laga Persebaya Ditunda

Bola.com, Surabaya - Rick Braker memendam kekecewaan besar. Dia tidak bisa memenuhi keinginannya datang jauh dari Belanda ke Surabaya demi menyaksikan pertandingan, yakni duel Persebaya Surabaya kontra PSIS Semarang.

Laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2023/2024 itu seharusnya digelar pada Minggu (26/11/2023). Namun, kendala venue stadion membuat LIB memutuskan menunda pertandingan tersebut.

Rick Braker sendiri merupakan seorang Bonek, suporter Persebaya, yang berasal dari Belanda. Dia rela mengambil cuti dari pekerjaannya demi bisa menyaksikan lagi pertandingan Bajul Ijo langsung di stadion.

“Saya tentu merasa kecewa. Selama di Surabaya, saya menunggu bisa ke stadion dan menyaksikan Persebaya. Sekarang, mau bilang apa. Saya berarti tidak menonton Persebaya untuk saat ini,” kata Rick Braker kepada Bola.com di Surabaya, Sabtu (25/11/2023).

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Nonton Piala Dunia U-17 2023

Pria berusia 32 tahun itu sudah tiba di Indonesia pada Senin (6/11/2023). Setelah itu, dia pindah ke Solo untuk menyaksikan Piala Dunia U-17 2023 yang sedang berlangsung.

Di Solo, saat itu berlangsung pertandingan Grup B yang berisikan Spanyol, Uzbekistan, Mali, dan Kanada pada laga pertama 10 November 2023. Baru pada Sabtu (11/11/2023) di pergi ke Surabaya.

Dia menyaksikan pertandingan Grup A yang jadi wadah persaingan Timnas Indonesia U-17, Maroko, Ekuador, dan Panama. Sesuai rencana awal, setelah itu dia akan menyaksikan pertandingan Persebaya yang akhirnya ditunda.

 

 

3 dari 5 halaman

Nonton Voli Kampung

Rick Braker kemudian mendatangi beberapa komunitas Bonek yang sudah dikenalnya. Momen cuti pekerjaan dan menikmati sepak bola Indonesia ini dimanfaatkan sebagai waktu libur dari rutinitasnya sebagai karyawan restoran di Belanda.

Selama di Surabaya, Rick mengunjungi beberapa tempat wisata. Bahkan, pada Jumat (24/11/2023) malam, dia menyaksikan pertandingan bola voli kampung yang kebetulan digelar di hotelnya tempat menginap.

“Saya sempat mengunjungi Tugu Pahlawan dan tempat-tempat lain. Saya juga punya kesempatan menonton voli. Senang rasanya saya di sini punya banyak teman. Jadi, saya menikmati Surabaya saja,” ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

Jadi Bonek Sejak 2015

Rick Braker sendiri sudah sejak lama menjadi suporter Persebaya, meski dia sebenarnya tak memiliki saudara atau darah Indonesia.

Perkenalannya dengan Persebaya dimulai saat dirinya menonton video di YouTube yang bercerita mengenai Persebaya dan Bonek pada 2015. Pada saat itu, Persebaya masih belum diakui sebagai klub anggota PSSI setelah terlibat dualisme.

Tapi, klub berjulukan Bajul Ijo itu tetap bertanding dalam beberapa laga level uji coba. Braker melihat suporter dengan warna kebesaran hijau itu terlalu fanatik dalam mendukung klub kebanggannya.

Sesuai rencananya, pria asal Nijverdal, Belanda, akan kembali ke negaranya pada 28 November 2023. Sayangnya, selama hampir satu bulan di Indonesia dia tidak bisa memenuhi keinginannya menonton Persebaya langsung di stadion.

5 dari 5 halaman

Posisi Persebaya saat Ini

Video Populer

Foto Populer