Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Berbagi Poin dengan RANS Nusantara FC, 5 Laga Belum Menang

Bola.com, Sleman - Persebaya Surabaya memperpanjang cerita kegagalan meraih kemenangan di BRI Liga 1 2023/2024. Tim berjulukan Bajul Ijo itu bermain imbang tanpa gol ketika menghadapi RANS Nusantara FC dalam laga pekan ke-21 BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (1/12/2023).

Sebelum pertandingan, pelatih interim Persebaya Surabaya, Uston Nawawi, sudah menegaskan tim asuhannya ingin menang. Sayangnya, tidak ada satu pun peluang emas yang berbuah gol dalam pertandingan ini.

"Kami bersyukur mendapatkan satu poin. Memang target kami pada awalnya tiga poin, tetapi kami tetap bersyukur karena RANS Nusantara FC juga tim yang bagus terbukti mereka menduduki peringkat kelima," ungkap Uston Nawawi setelah laga.

Hasil ini memperpanjang episode Persebaya Surabaya yang tidak akrab dengan kemenangan. Sebelumnya, tim asal Kota Pahlawan itu menelan empat kekalahan melawan Persib Bandung, Bali United, Persik Kediri, dan Barito Putera.

2 dari 4 halaman

Apresiasi Pemain

Uston Nawawi tetap mengirim apresiasi kepada para pemainnya karena kali ini timnya mengemas satu poin.

Ini juga jadi kali pertama Persebaya Surabaya membukukan clean sheet setelah terakhir menorehkannya saat bermain imbang tanpa gol melawan PSS Sleman lebih dari tiga bulan silam.

"Setelah empat kali kami tidak mendapatkan poin, hari ini kami mendapatkan satu poin. Saya mengapresiasi semua pemain, baik yang lama maupun yang baru," ujar Uston Nawawi.

"Terbukti kami mendapatkan poin meski hanya satu. Nanti, kami memperbaiki lagi dalam pertandingan selanjutnya," lanjut pelatih Persebaya Surabaya itu.

Secara permainan, Persebaya Surabaya masih belum bisa memperlihatkan agresivitas yang apik dalam membangun serangan. Pada awal babak pertama, RANS Nusantara FC masih mendominasi dengan terus memberikan tekanan.

Saat memegang bola, para pemain Persebaya juga dengan mudah kehilangan bola. Beberapa kesempatan emas lewat serangan balik juga gagal dikonversi menjadi gol. Kolaborasi permainan tampak belum rapi.

3 dari 4 halaman

Rasa Syukur Ernando Ari

Kendati demikian, kiper Persebaya Surabaya, Ernando Ari Sutaryadi, mensyukuri hasil ini sebagai langkah awal timnya untuk bangkit dari keterpurukan.

Persebaya terakhir memetik kemenangan terjadi saat mampu unggul 3-1 kontra Arema FC pada 23 September 2023. Artinya, sudah dua bulan berlangsung bagi Reva Adi Utama tidak mendapatkan tiga poin.

"Saya bersyukur mendapatkan poin yang penting ini. Poin yang sangat kita tunggu-tunggu untuk kebangkitan di tim Persebaya," ujar Ernando Ari.

"Mungkin dari awal kami datang ke sini, kami bukan hanya untuk seri, tetapi kami ingin mengambil tiga poin. Saya perlu apresiasi juga teman-teman untuk kerja kerasnya. Kami akan mengambil poin lagi pada lain waktu," tuturnya.

Hasil ini tak mengubah posisi Persebaya di klasemen sementara, tetapi di peringkat ke-14. Bajul Ijo tercatat mengoleksi 23 poin dalam 19 pertandingan.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer