Sukses


Nilai Pasar 6 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia: Sandy Walsh Termewah!

Bola.com, Jakarta - Market value adalah fitur Transfermarkt untuk menaksir harga yang layak buat pemain berdasarkan banyak faktor. Lantas, berapa nilai pasar para pemain naturalisasi Timnas Indonesia?

Sandy Walsh menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia dengan market value termahal. Bek asal KV Mechelen di Liga Belgia ini dihargai 1,5 juta euro atau setara dengan Rp25 miliar.

Nilai pasar Sandy Walsh dipengaruhi oleh kiprahnya yang bermain di kasta teratas Liga Belgia dan sebagai pemain utama di KV Mechelen.

Sandy Walsh dinaturalisasi Timnas Indonesia pada akhir 2022. Namun, bek sayap kanan berusia 28 tahun ini baru debut pada September 2023 dan membukukan empat caps.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Jordi Amat: 800 Ribu Euro (Rp13,6 Miliar)

Jordi Amat menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia dengan market value terbesar kedua setelah Sandy Walsh. Bek Johor Darul Ta'zim (JDT) di Liga Malaysia itu dihargai 800 ribu euro (Rp13,6 miliar).

Rekam jejak Jordi Amat sebagai pemain yang pernah berkancah di Premier League dan La Liga turut berdampak terhadap nilai pasarnya. Sejak debut bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, pemain kelahiran Spanyol itu telah tampil sepuluh kali.

3 dari 6 halaman

Shayne Pattynama: 650 Ribu Euro (Rp11 Miliar)

Transfermarkt menghargai Shayne Pattybama sebesar 650 ribu euro (Rp11 miliar). Maklum, bek sayap kiri berusia 25 tahun itu membela Viking FK di divisi utama Liga Norwegia.

Pattynama adalah pemain kunci Viking FK. Sementara, di Timnas Indonesia, pemain berusia 25 tahun ini telah menorehkan lima penampilan sejak debutnya pada Juni 2023.

4 dari 6 halaman

Marc Klok: 450 Ribu Euro (Rp7,8 Miliar)

Nilai pasar Marc Klok sangat tinggi. Untuk ukuran pemain yang berkiprah di kompetisi domestik, market value gelandang Persib Bandung itu mencapai 450 ribu euro (Rp7,8 miliar).

Klok menjadi pemain naturalisasi aktif di Timnas Indonesia terlama. Menjalankan penampilan perdananya pada Juni tahun lalu, caps pemain berusia 30 tahun ini tercatat 18 partai plus empat gol.

5 dari 6 halaman

Ivar Jenner: 300 Ribu Euro (Rp5 Miliar)

Usia Ivar Jenner baru 19 tahun. Namun, nilai pasar gelandang Jong Utrecht di kasta kedua Liga Belanda ini telah berada di angka 300 ribu euro (Rp5 miliar).

Jenner baru dua kali bermain untuk Timnas Indonesia sejak dinaturalisasi pada Mei 2023 akibat kerap mengalami cedera. Di luar itu, bakatnya terbilang menjanjikan.

6 dari 6 halaman

Rafael Struick: 75 Ribu Euro (Rp1,3 Miliar)

Market value Rafael Struick menjadi yang terendah di skuad Timnas Indonesia saat ini, bukan hanya di antara para pemain naturalisasi.

Nilai pasarnya hanya 75 ribu euro (Rp1,3 miliar). Maklum, penyerang berusia 20 tahun itu masih jarang bermain untuk ADO Den Haag di kasta kedua Liga Belanda. Di sisi lain, ia sudah empat kali berlaga untuk Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer