Sukses


Mengukur Kekuatan Persik untuk Jegal Persib di BRI Liga 1: Racikan Taktik Ciamik Marcelo Rospide

Bola.com, Jakarta - Pada tiga musim terakhir, Persik Kediri selalu memulai kompetisi dengan kurang meyakinkan. Bahkan dua episode beruntun, Macan Putih yang selalu akrab dengan zona bawah berhasil lolos dari ancaman degradasi.

Pada BRI Liga 1 2023/2024, Arthur Irawan dkk. juga melakukan start kurang mulus. Padahal skuad ini tak banyak melakukan perombakan materi pemain. Kehadiran pelatih debutan asal Brasil, Marcelo Rospide, berpengaruh besar pada prestasi Persik Kediri.

Namun pelan-pelan Rospide mulai tahu kekuatan anak asuhnya. Dia juga bisa memahami atmosfer sepakbola Indonesia sekaligus mengukur kekuatan lawan.

Kini Persik telah merangsek di papan tengah. Tepatnya mereka bertengger di peringkat ketujuh. Ini sebuah pencapaian sangat bagus. Di tangan Rospide, Persik tak hanya kuat di kandang, tapi juga tangguh saat tandang.

Tak ada gading yang tak retak. Persik juga bukan tim yang sempurna. Mereka pernah tiga kali menang di kandang PSM, Persikabo, dan Arema FC. Tapi Persik Kediri juga sempat dipermalukan dua tim besar yakni Persib dan Persija dengan skor identik 1-2 di Kediri.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Berkaca pada Pertemuan Pertama

Tampaknya menarik kita kupas seperti apa sih kekuatan Persik jelang bentrokan kontra Persib pada laga pekan ke-22 di Stadion GBLA Bandung, Minggu (10/12/2023) nanti?

Pada pertemuan pertama di Kediri, 28 Juli lalu, Persik memang ditundukkan Persib 1-2. Namun saat itu Maung Bandung harus mengeluarkan kemampuan dan kekuatan terbaiknya sekadar untuk mengalahkan Persik yang tampil dengan sepuluh pemain.

Sang Maestro, Rena Silva, dikartu merah pada menit 34. Meski begitu, Persib baru bisa berhasil membobol gawang Persik menit 83 dan 87 lewat Ciro Alves dan Rian Kurnia.

Dari fakta tersebut, wajar bila jelang duel revans nanti Persik lebih percaya diri menghadapi Persib. Apalagi setelah bergabungnya Irfan Bachdim dan Ze Valente di bursa transfer kedua musim ini.

3 dari 5 halaman

Ze Valente Jadi Nyawa Permainan

Marcelo Rospide pun memberi isyarat akan menurunkan Ze Valente sebagai starting XI. Padahal di dua partai melawan Arema FC dan Dewa United FC, gelandang asal Portugal yang dipinjam dari Persebaya itu masuk dari bangku cadangan.

Artinya, Rospide mulai percaya jika Ze Valente diduetkan dengan Renan Silva akan menyulitkan Persib di kandang sendiri.

Hingga pekan ke-21 lalu, racikan Rospide sangat mujarab. Dia sangat jeli dan cerdik membuat kontra-strategi permainan lawan. Rospide selalu berhitung cermat tiap perubahan formasi yang dilakukan.

Pada duel melawan Persib nanti, Rospide tak hanya menakuti dengan duet Ze Valente-Renan Silva. Untuk menghadapi Persib yang bertabur bintang, Rospide pasti akan menyiapkan kejutan lain yang sulit ditebak pelatih Bojan Hodak. Maka Persib harus siap-siap menahan lajunya di persaingan papan atas klasemen sementara.

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Pekan ke-22 BRI Liga 1 2023/2024

Minggu, 10 Desember 2023

  • Persib Bandung Vs Persik Kediri
  • Stadion Gelora Bandung Lautan Api
  • Kick-off: 19.00 WIB
  • Live: Indosiar
  • Live Streaming: Vidio
5 dari 5 halaman

Yuk Tengok Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer