Sukses


Kondisi Terkini 3 Rival Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Vietnam Memiliki Kiper Naturalisasi Baru

Bola.com, Jakarta - Piala Asia 2023 makin dekat saja. Turnamen itu akan digelar di Qatar tepat dalam satu bulan ke depan, atau tepatnya mulai 10 Januari 2024.

Timnas Indonesia dipastikan akan berlaga di Piala Asia 2023. Itu akan menjadi penampilan pertama Tim Merah Putih di ajang Piala Asia sejak terakhir kali melakukannya pada edisi 2007 saat berstatus sebagai satu dari empat tim tuan rumah.

Lolosnya Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 terasa lebih manis. Sebab, skuad asuhan Shin Tae-yong harus menjalani laga kualifikasi yang ketat.

Tidak seperti yang terjadi pada edisi 2007. Saat itu Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2007 bersama dengan Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D pada Piala Asia 2023. Nanti Tim Garuda akan menghadapi Irak, Jepang, dan Vietnam yang siap menjadi lawan berat bagi Marc Klok dan kawan-kawan.

Bola.com mencoba membedah situasi terkini tiga calon lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Simak ulasan khas kami di bawah ini.

----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Vietnam: Mulai Realistis

Dibandingkan dua calon lawan yang lain, Vietnam adalah lawan paling familiar bagi Timnas Indonesia. Kedua tim kerap bertemu di ajang sepak bola level Asia Tenggara.

Vietnam sempat memiliki idealisme menarik dengan enggan menggunakan pemain naturalisasi. Bahkan, jumlah pemain keturunan di skuad mereka sangat terbatas.

Belakangan, Vietnam tampak mulai melunak. Mereka disebut baru saja menyelesaikan proses naturalisasi pemain keturunan bernama Filip Nguyen.

Sosok yang bermain sebagai penjaga gawang itu memiliki garis keturunan Republik Ceska. Ia bahkan sempat mendapatkan panggilan Ceska meski urung mendapatkan caps.

 
3 dari 5 halaman

Irak: Berikan Pengalaman Menakutkan

Irak adalah kekuatan menarik di sepak bola Asia. Negara Timur Tengah ini juga punya sejarah bagus di Piala Asia.

Irak pernah sekali menjadi juara pada edisi Piala Asia 2007. Menariknya, saat itu Singa Mesopotamia menjadi juara dalam laga final yang digelar di Jakarta.

Belum lama ini Irak juga memberikan pengalaman tak mengenakkan bagi Timnas Indonesia. Mereka mengalahkan Nadeo Argawinata dan kawan-kawan dengan skor telak 1-5.

Kekalahan itu terjadi pada 16 November lalu dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kekalahan itu tentu bisa memberikan memori buruk bagi Timnas Indonesia.

 
4 dari 5 halaman

Jepang: Salah Satu Generasi Terbaik

Sejak lama Timnas Jepang mendominasi sepak bola Asia. Namun, belakangan kekuatan tim Negeri Matahari Terbit semakin menakutkan.

Bisa dikatakan, skuad Timnas Jepang saat ini adalah salah satu generasi terbaik mereka. Hal itu dibuktikan dari semakin banyaknya pemain Jepang yang berlaga di liga top Eropa.

Sebut saja seperti Daichi Kamada (Lazio), Kaoru Mitoma (Brighton and Hove Albion), Wataru Endo (Liverpool), Takumi Minamino (AS Monaco), Takefusa Kubo (Real Sociedad), Takehiro Tomiyasu (Arsenal), dan masih banyak lagi nama-nama lain.

Jepang jelas menjadi tim yang paling diunggulkan di Grup D Piala Asia 2023. Bahkan, mereka diunggulkan sebagai salah satu calon juara pada ajang tersebut.

5 dari 5 halaman

Hasil Undian Babak Grup Piala Asia 2023

Video Populer

Foto Populer