Sukses


PSSI Jelaskan Penggunaan 2 Wasit asal Jepang di BRI Liga 1 2023 / 2024: Upaya Meningkatkan SDM

Bola.com, Jakarta - Ada pemandangan menarik pada pekan ke-22 BRI Liga 1 2023/2023. Ada dua wasit asal Jepang yang bertugas memimpin pertandingan.

Ada Yasuke Araki yang memimpin laga antara Persita Tangerang melawan Persikabo 1973. Sementara Futsohi Nakamura mempimpin pertandingan BRI Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung melawan Persik Kediri.

Keberadaan dua wasit asal Jepang itu memancing perbincangan netizen pecinta sepak bola Tanah Air. Banyak dari mereka yang memuji kinerja Futoshi Nakamura dan Yasuke Araki.

Banyak dari mereka yang meminta kebijakan itu tetap dipertahankan di BRI Liga 1 2023/2024. Keberadaan wasit asing tersebut dinilai bisa meningkatkan level pertandingan.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 4 halaman

Tingkatkan SDM

Ketua umum PSSI, Erick Thohir, menjelaskan keberadaan dua wasit asal Jepang di BRI Liga 1 2023/2024. Erick menyebut hal itu sebagai bagian dari upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) di sepak bola Indonesia.

Wasit-wasit di Indonesia disebut bisa belajar dari performa wasit asing tersebut. Sehingga di masa depan kualitas mereka bisa meningkat.

"Sepak bola kita akan meningkat kualitasnya jika diikuti juga dengan peningkatan SDM yang terlibat di dalamnya terutama perangkat pertandingan," jelas Erick Thohir di situs resmi PSSI.

3 dari 4 halaman

Penerapan VAR

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menggunakan teknologi VAR di BRI Liga 1 dalam waktu dekat. Rencananya VAR akan digunakan mulai Februari mendatang.

Saat ini PSSI dan PT LIB terus melakukan persiapan sebelum penerapan VAR tersebut. Satu di antaranya dengan kehadiran wasit asing.

"Dengan usaha untuk meningkatkan kualitas wasit plus penggunaan VAR, kita berharap kompetisi semakin berkualitas dari segala sisi, termasuk dari kualitas pertandingan yang punya standar tinggi," harap Erick.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

Video Populer

Foto Populer