Sukses


Mengulas Persaingan Top Scorer BRI Liga 1 2023 / 2024: Aksi Pendatang Baru, Tetap Didominasi Pemain Negeri Samba!

Bola.com, Jakarta - Para pemain asal Brasil berhasil mendominasi persaingan pencetak gol terbanyak sementara BRI Liga 1 2023/2024. Kontestasi musim ini memang terhitung jauh lebih ketat.

Apabila mengulas peringkat 10 teratas daftar top scorer sementara BRI Liga 1 musim ini, dominasi striker asal Negeri Samba memang cukup kentara. Sebab, setidaknya ada tujuh pemain asal Brasil.

Sisanya, muncul dua pemain berpaspor Eropa yang menyelip di daftar ini. Sayangnya, tak ada satu pun pemain lokal yang bisa menembus dua digit gol hingga pertandingan pekan ke-22 BRI Liga 1.

Hanya ada winger naturalisasi asal Belanda, Stefano Lilipaly, yang mampu bersaing dalam daftar ini. Sisanya dihiasi amunisi impor yang tampil gacor bersama klubnya masing-masing. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Dominasi Pemain Brasil

Dari 10 pemain di jajaran teratas, mayoritas memang berpaspor Brasil. Mereka adalah David da Silva (Persib Bandung), Gustavo Almeida (Persija Jakarta), Junior Brandao (Bhayangkara FC), dan Alex Martins (Dewa United),

Sedangkan tiga pemain lainnya ialah Ciro Alves (Persib Bandung), Jefferson Assis (Bali United), dan Bruno Moreira (Persebaya Surabaya). Para pemain Brasil ini berpeluang untuk mengulangi kesuksesan kompatriotnya musim lalu.

Sebab, pada BRI Liga 1 2022/2023, gelar pencetak gol terbanyak diraih oleh bekas striker Borneo FC, Matheus Pato. Striker berusia 27 tahun itu berhasil mencatatkan total 25 gol dari 32 pertandingan.

3 dari 6 halaman

Perkuat Dua Klub Berbeda

Catatan menarik lainnya yang mengiringi persaingan daftar top scorer BRI Liga 1 2023/2024 melibatkan dua mesin gol produktif yang harus mengalami pergantian klub pada pertengahan musim.

Pemain yang pertama ialah Gustavo Almeida. Striker berusia 27 tahun ini sempat menghasilkan 14 gol dari 16 laganya bersama Arema FC. Pada bursa transfer, dia direkrut oleh Persija Jakarta. Sayangnya, Gustavo belum bisa menambah koleksi golnya karena cedera hamstring.

Berbeda dengan Gustavo, kompatriotnya asal Negeri Samba, Junior Brandao, juga sempat tampil mengesankan bersama Madura United. Dia tercatat mampu mencetak sembilan gol dari 20 pertandingan.

Pada putaran kedua, dia direkrut oleh Bhayangkara FC. Koleksi golnya pun semakin bertambah bersama The Guardian. Dia sejauh ini sudah menyumbang tiga gol dari tiga laga, sehingga mengoleksi total 12 gol di musim ini.

4 dari 6 halaman

Kiprah Para Debutan

Bisa dibilang, daftar pencetak gol terbanyak ini turut diramaikan oleh pemain-pemain debutan di BRI Liga 1 musim ini. Setidaknya ada tiga nama penyerang yang termasuk dalam kategori tersebut.

Mereka adalah Gustavo Almeida, Junior Brandao, dan Jefferson Assis. Ketiga nama ini memang baru menjalankan musim pertamanya di BRI Liga 1 2023/2024. Meskipun berstatus sebagai pendatang baru, mereka tetap bisa bersaing dengan pemain lama.

Dengan kata lain, para pemain anyar ini mampu beradaptasi dengan cepat. Mereka tak membutuhkan waktu lama untuk nyetel dengan gaya permainan maupun karakter kompetisi sepak bola Indonesia yang mengandalkan kecepatan.

5 dari 6 halaman

Daftar Top Scorer Sementara BRI Liga 1

14 Gol: David da Silva (Persib Bandung), Gustavo Almeida (Persija Jakarta)

12 Gol: Alex Martins (Dewa United), Jose Brandao (Bhayangkara FC)

11 Gol: Flavio Silva (Persik Kediri)

10 Gol: Carlos Fortes (PSIS Semarang), Jefferson Assis (Bali United), Ciro Alves (Persib Bandung)

9 Gol: Kenzo Nambu (PSM Makassar), Stefano Lilipaly (Borneo FC), Bruno Moreira (Persebaya Surabaya)

8 Gol: Paulo Gali Freitas (PSIS Semarang), Gustavo Toncantins (Barito Putera)

6 dari 6 halaman

Yuk Intip Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer