Sukses


Rapor Pemain Naturalisasi yang Berkiprah di BRI Liga 1: Hanya Sedikit yang Masih Konsisten

Bola.com, Jakarta - Kiprah para pemain naturalisasi yang masih berkompetisi di BRI Liga 1 2023/2024 memang tak semuanya impresif. Beberapa nama sudah mulai kehilangan tempat utama di klubnya masing-masing.

Dari delapan pemain naturalisasi yang pernah memperkuat Timnas Indonesia, saat ini memang hanya menyisakan satu pemain saja yang masih aktif mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong.

Sementara itu, sisanya sudah tak bisa bersaing untuk mendapatkan tempat utama di skuad Garuda. Padahal, ada satu pemain naturalisasi yang mampu tampil istimewa di BRI Liga 1 2023/2024.

Beberapa pemain ini juga sudah mulai memasuki masa-masa senja. Mereka pun mulai kehilangan tempat dan lebih banyak menjadi penghangat bangku cadangan. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 10 halaman

Victor Igbonefo

Usia yang telah memasuki masa senja memang memaksa gelandang naturalisasi asal Nigeria, Victor Igbonefo, untuk mulai menepi dari skuad utama Persib Bandung. Usianya nyaris menginjak kepala empat.

Itulah sebabnya, Igbonefo lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan Persib. Tim Pangeran Biru memang lebih banyak mengandalkan duet Alberto Rodriguez dan Nick Kuipers. Musim ini, Igbonefo hanya bisa bermain sebanyak delapan kali.

3 dari 10 halaman

Ilija Spasojevic

Hal serupa juga dialami oleh Ilija Spasojevic. Striker naturalisasi berusia 36 tahun ini mulai kehilangan tempat utama di lini depan Bali United. Dia memang tercatat bermain 20 kali karena dua kali absen.

Dari semua itu, Spaso bermain sebagai starter sembilan kali. Kontribusinya mencapai lima gol dan satu assist. Jumlah ini hanya separuh dari koleksi Jefferson Assis yang menyumbang 10 gol untuk Serdadu Tridatu.

4 dari 10 halaman

Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly barangkali menjadi pemain naturalisasi dengan kiprah yang paling mentereng di BRI Liga 1 musim ini. Sebab, penyerang sayap berusia 33 tahun ini tampil istimewa bersama Borneo FC.

Dia sukses menyumbang sembilan gol dan 11 assist. Jumlah ini membuatnya sebagai pemain non-Asing dengan kontribusi tertinggi musim ini. Sayangnya, dia gagal meyakinkan Shin Tae-yong untuk menjadi senjata utama Timnas Indonesia.

5 dari 10 halaman

Diego Michiels

Performa Diego Michiels tampaknya mulai mengalami penurunan. Padahal, pada awal musim BRI Liga 1 2023/2024, pemain berusia 33 tahun ini cukup aktif menjadi starter bersama Borneo FC.

Selain itu, dia juga menjalani peran sebagai kapten. Namun, mulai pekan ke-12 hingga saat ini, Diego Michiels lebih banyak turun dari bangku cadangan. Menit bermain yang diperoleh juga terhitung minim.

6 dari 10 halaman

Kim Kurniawan

Lini tengah PSS Sleman memang masih sangat mengandalkan Kim Kurniawan. Selama putaran pertama BRI Liga 1, pemain kelahiran Jerman ini sering dipercaya tampil sebagai starter sekaligus menjadi kapten.

Dari 19 penampilannya musim ini, Kim tercatat bermain sejak menit awal sebanyak 18 kali. Dia hanya bermain satu kali sebagai pemain pengganti. Kontribusinya memang terhitung minim dengan satu gol dan satu assist.

7 dari 10 halaman

Ezra Walian

Menit bermain yang diperoleh Ezra Walian bersama Persib Bandung di BRI Liga 1 2023/2024 memang terhitung reguler. Namun, kesempatan bermainnya memang tak cukup lama.

Dia tercatat memainkan 20 pertandingan bersama Maung Bandung. Dia hanya tampil enam kali sebagai starter. Kontribusinya sejauh ini mencapai dua gol dan tiga assist.

8 dari 10 halaman

Esteban Vizcarra

Meskipun usianya sudah hampir menyentuh kepala empat, Esteban Vizcarra masih saja menjadi pemain andalan PSS Sleman musim ini. Winger berusia 37 tahun itu sukses mengepak 20 penampilan di BRI Liga 1 2023/2024.

Dia masih cukup sering dipercaya untuk mengisi starter. Pemain yang pernah mengukir debut bersama Timnas Indonesia pada 2018 ini setidaknya sudah menyumbang dua gol untuk Elang Jawa.

9 dari 10 halaman

Marc Klok

Marc Klok saat ini menjadi satu-satunya pemain naturalisasi yang masih aktif mendapatkan panggilan Timnas Indonesia. Shin Tae-yong masih cukup mempercayai gelandang berusia 30 tahun ini.

Performanya di BRI Liga 1 musim ini juga cukup apik. Dia setidaknya mampu menghasilkan empat gol dan enam assist dari 20 penampilannya bersama Persib Bandung. Klok juga cukup sering bermain penuh selama 2x45 menit.

10 dari 10 halaman

Tengok Peta Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer