Sukses


Formasi Mengerikan Timnas Indonesia dengan Thom Haye dan Maarten Paes, Hampir Full Naturalisasi

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, berminat untuk menaturalisasi gelandang SC Heerenveen di Liga Belanda, Thom Haye dan kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS), Maarten Paes, demi Timnas Indonesia.

Saat ini, PSSI tengah memproses naturalisasi tiga pemain keturunan kelahiran Belanda. Ketiganya ialah Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen.

Sama seperti Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen, Thom Haye serta Maarten Paes juga berasal dari Belanda.

Lantas, bagaimana formasi Timnas Indonesia jika Thom Haye dan Maarten Paes dinaturalisasi? Plus Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen yang naturalisasinya sedang dikebut.

Bola.com mengulasnya dalam pakem 3-4-2-1 yang belakangan kerap dipakai oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

2 dari 5 halaman

Lini Belakang

Maarten Paes otomatis akan menjadi kiper utama Timnas Indonesia. Penjaga gawang berusia 25 tahun itu bakal menyingkirkan Ernando Ari Sutaryadi dan Naedo Argawinata.

Tiga bek akan diisi Jay Idzes, Justin Hubner, dan Elkan Baggott. Sementara, Jordi Amat dan Rizky Ridho terpaksa turun ke bangku cadangan.

Trio Jay Idzes yang berpostur 191 cm, Justin Hubner 187 cm, dan Elkan Baggott 196 cm bakal menjadi tembok raksasa sektor pertahanan Timnas Indonesia.

3 dari 5 halaman

Lini Tengah

Sandy Walsh kemungkinan akan memenangkan persaingan dengan Asnawi Mangkualam sebagai wing back kanan. Sementara, Shayne Pattynama layak menjadi wing back kiri utama Timnas Indonesia daripada Pratama Arhan.

Lini tengah Timnas Indonesia akan kuat dengan keberadaan Thom Haye. Pemain berusia 28 tahun itu dapat bertandem dengan Ivar Jenner. Keduanya sama-sama berperan sebagai gelandang bertahan.

Dua gelandang serang Timnas Indonesia akan diisi Marselino Ferdinan dan Ragnar Oratmangoen. Keduanya bakal bermain free role, baik dari tengah maupun sisi sayap.

4 dari 5 halaman

Lini Depan

Shin Tae-yong mempunyai banyak pilihan untuk penyerang tunggal Timnas Indonesia. Mulai dari Dimas Drajad, Ramadhan Sananta, Dendy Sulistyawan, hingga Rafael Struick.

Sejak dinaturalisasi pada Mei 2023, Rafael Struick praktis tidak tergantikan di lini depan Timnas Indonesia. Penyerang berusia 20 tahun itu memiliki karakter yang disukai Shin Tae-yong.

Struick dapat bermain sebagai pemain bernomor punggung sembilan dan sebelas. Pemuda asal ADO Den Haag di Liga Belanda ini juga rajin dalam memberikan tekanan ketika bola dikuasai pemain lawan.

5 dari 5 halaman

Formasi Timnas Indonesia dengan Thom Haye dan Maarten Paes

Timnas Indonesia (3-4-2-1): Maarten Paes; Jay Idzes, Justin Hubner, Elkan Baggott; Sandy Walsh, Ivar Jenner, Thom Haye, Shayne Pattynama; Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen; Rafael Struick

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Video Populer

Foto Populer