Sukses


Kunci Kebangkitan Bali United di BRI Liga 1: Terseok-Seok di Awal Musim, Untung Ada Teco yang Bangkitkan Mental

Bola.com, Jakarta - Awal musim BRI Liga  1 2023/2024, Bali United tidak terlihat sebagai tim yang memiliki peluang untuk bisa bersaing menjadi kampiun musim ini.

Tetapi seiring berjalannya waktu, Bali United bersama sang arsitek Stefano Cugurra membuktikan jika ia mampu untuk kembali bersaing.

Buktinya di putaran kedua, penampilan Bali United menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Bertengger di posisi kedua klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024 menjadi pembuktian seorang Teco.

Teco juga bisa menjadi pelatih terbaik BRI Liga 1 bulan November. Sebenarnya ada di peringkat runner up sementara, bisa membuat Teco dan Bali United tenang.

Meskipun Borneo di puncak klasemen unggul 10 poin dari Bali United, tetapi hal tersebut tidak ada masalah. Sebab masih ada peluang meraih juara untuk ketiga kalinya jika konsisten berada di empat besar.

--

 

2 dari 5 halaman

Kejar Empat Besar

Championship series akan digelar pada Mei 2024 yang mempertemukan empat tim teratas hingga nanti akan ditentukan juara musim ini. Kekalahan menghadapi Borneo FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta seperti menjadi pukulan untuk Teco.

Setelah itu Bali United tidak pernah kalah. Madura United dan Arema FC berhasil ditumbangkan. Sementara Dewa United dan Persib Bandung berakhir remis.

Menanggapi performa tim asuhannya tersebut, pelatih Bali United FC, Stefano Cugurra membeberkan rahasia kesuksesan anak asuhnya. Skuad Bali United FC dikatakannya bisa memetik hasil positif di beberapa pertandingan terakhir yakni dengan kerja keras.

“Waktu kita masuk keempat besar di dalam liga, kita saling berbicara setiap laga itu harus kerja keras untuk tetap di empat besar,” ujar Teco.

 

3 dari 5 halaman

Sosok Teco Kunci Sukses

Apa yang terjadi sekarang, bisa dikatakan bahwa salah satu kunci Bali United konsisten di papan adalah sosok Teco. Berbagai kritikan hingga desakan mundur mampu ditepisnya.

Bahkan ia mendengar masukan suporter yang biasanya tidak pernah ia gubris sama sekali. Jefferson de Assis yang dianggap belum padu, menjelma menjadi juru gedor berbahaya dengan torehan 11 gol hanya dalam 18 pertandingan.

Teco juga dengan pedenya bisa membawa Bali United tetap bertengger di posisi empat besar hingga pekan ke-34 BRI Liga 1 nanti.

“Masih banyak pertandingan. Banyak yang bisa kami dapat atau poin yang hilang. Kami harus tetap fokus meskipun ada jeda libur yang cukup lama,” ucapnya.

 

4 dari 5 halaman

Mental Terasah

Mental bertanding juga menjadi kunci. Kritikan tajam ke pemain dari suporter, berhasil diredam Teco. Apalagi gagal lagi di AFC Cup untuk ketiga kalinya.

“Tim ini tidak ada masalah di mental. Kami sudah perbaiki. Dulu kami ada di posisi keenam. Sekarang, kami berada di peringkat kedua. Kami harus terus bekerja keras dalam setiap pertandingan untuk amankan posisi empat besar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Teco pun mewanti-wanti pemain Bali United FC supaya tak terlena dengan performanya saat ini dan harus tetap fokus untuk mengejar hasil positif di pertandingan-pertandingan selanjutnya.

“Namun masih banyak laga yang sebentar lagi juga kompetisi akan break dan pasti seluruh tim itu akan libur karena akan lama lagi untuk jalani pertandingan,” jelasnya.

“Kami akan lihat lagi usai kembali berkumpul. Semua tim pasti akan memulai lagi dari nol karena itu akan dimulai lagi selepas libur panjang,” tutupnya.

5 dari 5 halaman

Posisi Bali United saat Ini

Video Populer

Foto Populer