Sukses


Shin Tae-yong Siap Sambut Thom Haye dan Maarten Paes di Timnas Indonesia: Kenapa Enggak?

Bola.com, Jakarta - Pemain naturalisasi di Timnas Indonesia pada masa depan akan terus bertambah. Thom Haye dan Maarten Paes akan segera diproses untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Thom Haye dan Maarten Paes adalah pemain kelahiran Belanda. Namun, keduanya memiliki garis keturunan Indonesia.

Saat ini Thom Haye memperkuat SC Heerenveen di Belanda. Pemain berusia 28 tahun itu merupakan sosok gelandang bertahan yang tangguh.

Sementara Maarten Paes berposisi sebagai penjaga gawang. Eks kiper Timnas Belanda U-21 itu saat ini bermain di Major League Soccer (MLS) dengan memperkuat FC Dallas.

"Pemain-pemain itu ada darah Indonesia, kalau bisa membentuk skuad tim lebih baik, kenapa enggak," kata Shin Tae-yong.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bekerja Sama

Shin Tae-yong kemudian meminta publik untuk tidak hilang fokus dan memakai standar ganda mengenai program naturalisasi pemain keturunan ini.

Sebab, program itu menyasar pemain yang memiliki darah Indonesia. Itu juga bisa membantu perkembangan sepak bola Tanah Air.

"Jangan pernah ada yang memakai standar. Kita harus bekerja sama dan berusaha sama-sama, apalagi punya darah Indonesia," tegas Shin Tae-yong.

"Ini projek yang sedang dijalani Erick Thohir dengan tujuan yang sangat baik untuk Indonesia. Jadi lihat saja situasinya ke depan seperti apa," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Tidak untuk Piala Asia 2023

Proses naturalisasi Thom Haye dan Maarten Paes memang sudah mulai dilakukan. Namun, keduanya tak akan bisa berlaga di Piala Asia 2023.

Sebab, proses naturalisasi keduanya diperkirakan akan memakan waktu beberapa bulan. Paes dan Haye diperkirakan baru akan bisa membela Timnas Indonesia paling cepat pertengahan tahun depan.

Selain Maarten Paes dan Thom Haye ada pula nama Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-Oen, dan Ragnar Oratmangoen yang proses naturalisasinya tengah dilakukan.

Video Populer

Foto Populer