Sukses


Sulitnya Bomber Lokal Menembus Papan Atas Top Scorer BRI Liga 1: Stefano Lilipaly, Ramadhan Sananta dan Dedik Setiawan Coba Bersaing

Bola.com, Jakarta - Setiap musimnya, daftar top scorer Liga 1 kerap dikuasai oleh pemain asing. Bahkan untuk BRI Liga 1 2023/2024, ada 9 pemain dari 3 negara berbahasa Portugis yang ada di posisi teratas, membuat Stefano Lilipaly menjadi satu-satunya pemain lokal yang ada di 10 besar top scorer BRI Liga 1 musim ini.

Saat ini ada tiga pemain asal Brasil yang ada di puncak daftar top scorer BRI Liga 1 dengan torehan 14 gol, yaitu Gustavo Almeida, Junior Brandao, dan David da Silva. Kemudian menyusul ada Alex Martins, Ciro Alves, dan Jefferson.

Selain 6 pemain asal Brasil itu, ada pula dua pemain Portugal, Flavio Silva dan Carlos Fortes. Begitu pun dengan Paulo Gali asal Timor Leste yang punya jumlah gol yang sama dengan Stefano Lilipaly, yaitu sembilan gol.

Pemandangan berkuasanya legiun asing dalam daftar pemain tersubur memang selalu terlihat setiap musimnya. Maklum, para pemain asing, terutama yang berposisi sebagai penyerang memang dituntut punya target gol dua hingga tiga kali lipat dari striker lokal.

Alasannya karena klub sudah keluar cukup banyak uang untuk bisa merekrut para pemain asing itu. Jadi tolok ukur jumlah gol pun menjadi yang paling sering digunakan klub untuk menilai performa penyerang asingnya.

Hal itulah yang membuat banyak pemain lokal kesulitan untuk bisa bersaing dalam mengoleksi pundi-pundi gol di BRI Liga 1. Namun, tidak sedikit pula yang tetap berusaha untuk bersaing, mulai dari upaya mendapatkan menit bermain, hingga membayar kepercayaan pelatih lewat pundi-pundi gol.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Stefano Lilipaly Paling Bersaing

 

Bicara soal pemain lokal, termasuk naturalisasi yang sudah menjadi WNI, Stefano Lilipaly adalah penyerang lokal yang paling subur di BRI Liga 1 2023/2024 sejauh ini. Stefano Lilipaly sudah mencetak 9 gol dalam 23 pertandingan yang sudah dijalani Borneo FC.

Jumlah gol Stefano Lilipaly itu membuatnya bersaing dengan winger PSIS Semarang Paulo Gali, penyerang andalan Persebaya Surabaya Bruno Moreira, dan pemain PSM Makassar asal Jepang Kenzo Nambu.

Namun, jelas upaya Stefano Lilipaly untuk bisa bersaing ke atas cukup sulit, walau bukan mustahil. Lilipaly terpaut lima gol dengan tiga pemain Brasil di puncak klasemen BRI Liga 1.

3 dari 5 halaman

Ramadhan Sananta dan Dedik Setiawan Potensial

Selain Stefano Lilipaly yang sudah mengemas sembilan gol, ada dua pemain Indonesia yang juga punya potensi besar untuk bisa bersaing dengan penyerang asing dalam urusan mencetak gol. Kedua pemain itu adalah Ramadhan Sananta di Persis Solo dan Dedik Setiawan di Arema FC.

Untuk Ramadhan Sananta, dia bersaing dengan rekan setimnya asal Spanyol, Fernando Rodriguez, dengan catatan sama-sama sudah mencetak tujuh gol untuk Laskar Sambernyawa.

Bukan tidak mungkin jika dalam sisa musim ini, yang akan kembali dimulai pada Februari 2024, Ramadhan Sananta akan terus bersaing untuk bisa, setidaknya bersaing di posisi 10 besar top scorer BRI Liga 1 2023/2024.

<p>Penyerang Arema FC, Dedik Setiawan, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persis Solo. (Dok. Arema FC)</p>

Begitu pun dengan Dedik Setiawan. Hingga sejauh ini, Bomber Arema FC tiu sudah mencetak enam gol di BRI Liga 1 2023/2024.

Namun, jumlah itu bisa dipahami mengingat performa Arema FC sepanjang kompetisi dan juga bergantungnya Singo Edan kepada Gustavo Almeida di putaran pertama.

Namun, setelah Gustavo Almeida dipinjamkan ke Persija Jakarta pada putaran kedua musim ini, Dedik Setiawan punya peluang untuk bisa menjadi andalan Arema FC sebagai pengumpul gol.

4 dari 5 halaman

Top Scorer BRI Liga 1

14 Gol - Gustavo Almeida (Arema/Persija), Junior Brandao (Madura United/Bhayangkara FC), David da Silva (Persib Bandung)

12 Gol - Alex Martins (Dewa United)

11 Gol - Ciro Alves (Persib Bandung), Flavio Silva (Persik Kediri)

10 Gol - Jefferson (Bali United), Carlos Fortes (PSIS Semarang)

9 Gol - Paulo Gali (PSIS Semarang), Stefano Lilipaly (Borneo FC), Bruno Moreira (Persebaya Surabaya), Kenzo Nambu (PSM Makassar)

8 Gol - Gustavo Tocantins (Barito Putera)

7 Gol - Felipe Cadenazzi (Borneo FC), Ryo Matsumura (Persija Jakarta), Fernando Rodriguez (Persis Solo), Ramadhan Sananta (Persis Solo)

6 Gol - Murilo (Barito Putera), Francisco Rivera (Madura United), Dedik Setiawan (Arema FC)

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer