Sukses


3 Opsi untuk Memaksimalkan Potensi Jay Idzes di Timnas Indonesia: Shin Tae-yong Dapat Alternatif Baru

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bakal memiliki opsi baru untuk merancang komposisi skuad terbaik setelah Jay Idzes resmi mendapatkan status sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Kemampuan multi-posisi yang dimiliki oleh Jay Idzes memang menjadi keuntungan tersendiri bagi Shin Tae-yong. Bek berusia 23 tahun ini memang bisa bermain di sejumlah posisi sesuai kebutuhan tim.

Selain bermain sebagai bek tengah, pemain yang berkarier di kasta kedua Liga Italia bersama Venezia itu juga bisa diplot sebagai gelandang. Keunggulan lainnya ialah postur menjulang tinggi yang mencapai 191 cm.

Dengan keunggulan ini, dia bakal menambah kekuatan pertahanan Timnas Indonesia, terutama dalam mengantisipasi duel-duel udara. Ada beberapa opsi yang bisa digunakan untuk memaksimalkan potensinya. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 4 halaman

Skema Tiga Bek Sejajar

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia memang lebih banyak bermain menggunakan pakem tiga bek sejajar, baik itu dalam skema 3-4-3, 3-5-2, ataupun variasi-variasi lainnya.

Dalam skema semacam ini, Jay Idzes bisa mengisi posisi tengah. Dia bisa saja diplot untuk menggantikan Jordi Amat, sehingga ditemani oleh Elkan Baggott di koridor kiri dan Rizky Ridho di kanan.

Selain itu, Jay Idzes juga biasanya menempati bek tengah sisi kanan. Oleh karena itu, dia bisa saja menggantikan Rizky Ridho untuk mengisi komposisi tiga bek sejajar bersama Jordi Amat dan Elkan Baggott.

Sejauh ini, Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Rizky Ridho memang sudah sering menjadi andalan Shin Tae-yong sebelum kehadiran Jay Idzes.

3 dari 4 halaman

Format 4 Bek

Sesuai dengan kebiasaannya di Eropa, Jay Idzes juga tak akan kesulitan jika harus mengisi format empat bek yang juga kerap digunakan Shin Tae-yong, baik dalam pakem 4-4-2, 4-3-3, maupun variasi 4-2-3-1.

Formasi seperti ini menghendaki duet dua bek tengah di jantung pertahanan. Selama berkarier di Belanda dan Italia, Jay Idzes biasanya mengisi pos bagian kanan karena sesuai dengan kaki terkuatnya.

Dengan demikian, rekan duet yang paling tepat untuk menemaninya di jantung pertahanan ialah Elkan Baggott yang berkaki kidal. Selain itu, dia bisa juga ditemani oleh Jordi Amat sebagai alternatif lainnya.

4 dari 4 halaman

Alternatif Lini Tengah

Selain biasanya menempati pos pertahanan, Jay Idzes juga beberapa kali mendapatkan tugas untuk mengisi lini tengah. Biasanya, dia bertugas sebagai gelandang bertahan, terutama ketika bermain untuk Go Ahead Eagles.

Jika Shin Tae-yong ingin memaksimalkan potensi pemain kelahiran 2 Juni 2000 ini di lini tengah, ada beberapa opsi yang bisa digunakan. Dalam skema 4-2-3-1, Jay Idzes bisa bertugas bersama Ricky Kambuaya.

Skema double-pivot bersama Marc Klok maupun Rachmat Irianto juga menjadi alternatif yang layak dijajal. Kemampuan Jay Idzes dalam membaca permainan bakal sangat penting untuk mengisi peran semacam ini.

Video Populer

Foto Populer