Sukses


Erick Thohir Pastikan Maarten Paes Sudah Tiba di Jakarta untuk Dinaturalisasi Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, memastikan bahwa pihaknya akan menaturalisasi kiper FC Dallas di Liga Amerika Serikat (MLS), Maarten Paes, untuk Timnas Indonesia.

Erick Thohir mengatakan bahwa Maarten Paes juga telah tiba di Indonesia untuk mengurus proses naturalisasinya demi membela Timnas Indonesia.

Pria yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI itu juga merencanakan makan malam dengan Maarten Paes pada Senin (8/1/2024) malam WIB.

"Nanti malam saya akan makan malam dengan Maarten Paes. Dia jauh-jauh dari Dallas, Amerika Serikat," ujar Erick Thohir di di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Senin (8/1/2024) sore WIB.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 4 halaman

Garis Keturunan Maarten Paes

Maarten Paes lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Garis keturunannya dikabarkan berasal dari neneknya, yang lahir di Indonesia pada masa Hindia Belanda.

"Ketika Maarten Paes bertemu nenek dan orang tuanya untuk berpamitan demi memperkuat Timnas Indonesia, keluarganya menangis," ungkap Erick Thohir.

Maarten Paes menjadi pemain keempat yang naturalisasinya sedang diproses PSSI. Tiga nama lainnya ialan Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, dan Thom Haye.

3 dari 4 halaman

Pemain Pilar di FC Dallas

Maarten Paes bergabung dengan FC Dallas dari klub Belanda, FC Utrecht, pada 2022. Sejak saat itu, ia bermain 70 kali, kebobolan 75 kali, dan mencatatkan 75 cleansheet.

Pada musim ini, Maarten Paes sudah berlaga 36 kali dengan FC Dallas di berbagai kejuaraan. Dia kemasukan 38 kali dan sembilan kali nirbobol.

Di Leagues Cup 2023 atau turnamen antarklub Amerika Serikat dan Meksiko, Maarten Paes berhadapan dengan Inter Miami yang diperkuat peraih delapan Ballon d'Or, Lionel Messi.

4 dari 4 halaman

3 Kali Dibobol Messi

Ketika itu, Maarten Paes yang bermain sebagai starter, tiga kali dibobol Lionel Messi ketika FC Dallas kalah 3-5 lewat adu penalti dari Inter Miami setelah bermain imbang 4-4 pada 16 besar Leagues Cup 2023, 6 Agustus 2023.

Maarten Paes dua kali ditaklukkan Lionel Messi dalam waktu normal, pada menit keenam dan ke-85, serta sekali dalam adu tos-tosan.

Di level timnas, Maarten Paes total bermain 10 kali untuk Timnas Belanda U-19, U-20, dan U-21 pada periode 2016-2019. Namun, ia belum pernah sekalipun bertanding untuk Belanda senior.

Video Populer

Foto Populer