Sukses


Deretan Pemain Aktif dengan Koleksi Gelar Juara Terbanyak di Liga Indonesia: Boaz Solossa Rajanya, Siapa Lagi yang Lain?

Bola.com, Jakarta - Deretan pesepak bola di Liga Indonesia aktif yang memiliki koleksi gelar juara terbanyak masih mewarnai kompetisi musim ini. Mereka masih beredar di kasta tertinggi maupun kedua.

Status tersebut memang akhirnya tak bisa dilepaskan dari usia masing-masing pemain ini yang telah memasuki masa senja. Sebab, sebagian besar dari pemain ini masih merasakan kompetisi era Liga Indonesia (Ligina).

Mayoritas pemain ini sempat merasakan kejayaan bersama Persipura Jayapura. Itulah sebabnya, mereka memiliki banyak koleksi trofi, terutama ketika berjaya pada era Indonesia Super League alias ISL.

Namun, ada pula pemain yang sukses mengukir kejayaan di era Liga 1. Dia berhasil mengoleksi trofi terbanyak bersama dua klub yang berebda di era kompetisi ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Boaz Solossa (5 gelar)

Pesepak bola Indonesia yang masih aktif dengan status peraih gelar terbanyak saat ini dipegang oleh Boaz Solossa. Striker legendaris yang pernah menjadi andalan Timnas Indonesia itu masih bermain di kasta kedua bersama Persewar Waropen.

Pada masa-masa jayanya, Boaz menjadi pemain yang bergelimang gelar juara. Tak kurang dari lima trofi yang sukses diraih oleh pemain kelahiran Sorong tersebut. Semua gelar diukir bersama satu klub yang sama: Persipura Jayapura.

Setelah meraih gelar Liga Indonesia 2005, Boaz sukses meraih tiga trofi di ajang Indonesia Super League (ISL) bersama tim Mutiara Hitam pada edisi 2005, 2008/2009, 2010/2011, dan 2013. Dia sempat merengkuh trofi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

3 dari 6 halaman

Ian Louis Kabes (4 gelar)

Selain Boaz Solossa, pemain selanjutnya yang punya rekam jejak istimewa bersama Persipura Jayapura hingga merah sederet gelar juara ialah Ian Louis Kabes. Sampai saat ini pun, dia masih setia bersama Mutiara Hitam yang tersungkur di kasta kedua.

Gelandang berusia 37 tahun ini sukses meraih setidaknya tiga gelar juara bersama Mutiara Hitam. Menariknya, trofi yang pertama diraih pada saat kompetisi masih bernama Liga Indonesia pada edisi 2005.

Sementara itu, pada era kompetisi ISL, pemain kelahiran Jayapura ini sukses mengamankan dua trofi bersama Mutiara Hitam, yakni pada edisi 2008/2009 dan 2010/2012. Itu belum termasuk gelar ISC yang diraih pada 2016.

4 dari 6 halaman

Victor Igbonefo (3 gelar)

Pemain berikutnya yang punya kisah sukses bersama Persipura Jayapura ialah Victor Igbonefo. Saat masih berstatus sebagai pemain asing, bek kelahiran Nigeria ini sukses merengkuh tiga gelar juara.

Masing-masing trofi ini dipersembahkan Igbonefo mulai edisi 2005 pada ajang Liga Indonesia. Pada edisi Indonesia Super League (ISL), dia turut mengantarkan Mutiara Hitam meraih gelar pada 2008/2009 dan 2010/2011.

Namun, sejak saat itu pemain yang kemudian menjadi WNI ini tak sekali pun menjuarai kompetisi, termasuk ketika melanjutkan kariernya di Liga Thailand.

5 dari 6 halaman

Ilija Spasojevic (3 gelar)

Berbeda dengan nama-nama sebelumnya, Ilija Spasojevic menjadi pemain dengan kolektor trofi terbanyak di era kompetisi Liga 1. Pemain kelahiran Montenegro itu setidaknya sukses merebut tiga gelar.

Yang pertama diraih pemain yang akrab disapa Spaso itu pada Liga 1 2017 saat masih memperkuat Bhayangkara FC. Kiprah impresif penyerang naturalisasi Timnas Indonesia ini berlanjut saat memperkuat Bali United.

Sebab, dia berhasil membantu Serdadu Tridatu merebut dua trofi secara back-to-back pada edisi 2019 dan 2021/2022.

6 dari 6 halaman

Yuk Intip Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer