Sukses


Konferensi Pers Timnas Indonesia Vs Irak di Piala Asia 2023: Shin Tae-yong Pilih No Comment saat Ditanya Pencoretan Saddil Ramdani

Bola.com, Doha - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menolak untuk mengungkapkan penyebab pencoretan Saddil Ramdani dari Piala Asia 2023 Qatar.

Bersama Asnawi Mangkualam selaku kapten Timnas Indonesia, Shin Tae-yong baru saja meladeni sesi tanya jawab dengan wartawan dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube AFC Asian Cup pada Minggu (14/1/2024) sore WIB.

Timnas Indonesia akan memulai perjuangannya di Piala Asia 2023 dengan melawan Timnas Irak dalam partai pertama Grup D di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Senin (15/1/2024) malam WIB.

Shin Tae-yong disinggung jurnalis asal Indonesia terkait pendepakan Saddil Ramdani dari Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023. "No comment," ujar Shin Tae-yong singkat melalui penerjemahnya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Diganti Adam Alis

Nama Saddil Ramdani sempat dimasukkan Shin Tae-yong ke daftar 26 pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 yang dirilis Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan PSSI pada 4 Januari 2024.

Namun, pada 11 Januari 2024, Shin Tae-yong melakukan perubahan dalam skuad akhir Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 karena mengganti Saddil dengan Adam Alis.

Sehari berselang, lewat akun Instagramnya, @saddilramdanii, Saddil membuat status dengan pesan yang bersayap.

3 dari 6 halaman

Antara 3 Kemungkinan

"Jangan pernah menyerah, bekerja lah di tempat Anda dihormati, dan ingatlah hukum alam tetap berlaku. Selamat berlibur," tulis Saddil.

Pemulangan Saddil dari Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 dikarenakan ia tidak memenuhi satu dari tiga penilaian yang ditetapkan Shin Tae-yong yaitu performa, attitude, atau kedisiplinan.

"Yang pertama kalau kita berbicara penilaian yang sudah sama-sama kami jalankan. Pertama performa, dua attitude, dan tiga kedisiplinan," ujar Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, dalam YouTube Nalar TV Indonesia yang tayang pada Jumat (12/1/2024).

4 dari 6 halaman

Penjelasan Sumardji

"Ketiga tiga hal ini ada yang dilanggar dan tidak sesuai dengan apa yang digariskan, kami sudah mempunyai ketentuannya. Pemain tidak boleh begini-begini, tidak boleh melanggar," tutur Sumardji.

"Apa boleh buat. Saya senang dengan coach Shin Tae-yong. Dia fair menilai pemain. Misalnya si A, B, C, atau D, salah, ia tidak pandang bulu. Ia pemain bintang, kalau out ya out. Itu yang saya suka."

"Saya tidak perlu jelaskan apa. Yang pasti, semua itu perlu namanya seseorang berada dalam satu ruang yang sekarang membela bangsa. Harus siap semuanya," imbuh Sumardji.

5 dari 6 halaman

26 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023

Kiper

1. Syahrul Trisna - Persikabo 1973

2. Muhamad Riyandi - Persis Solo

3. Ernando Ari Sutaryadi - Persebaya Surabaya

Bek

4. Justin Hubner - Wolverhampton Wanderers U-21

5. Edo Febriansah - Persib Bandung

6. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

7. Rizky Ridho - Persija Jakarta

8. Jordi Amat - Johor Darul Ta'zim

9. Elkan Baggott - Ipswich Town

10. Sandy Walsh - KV Mechelen

11. Shayne Pattynama - Viking FK

12. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons

13. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

Gelandang

14. Adam Alis - Borneo FC Samarinda

15. Marc Klok - Persib Bandung

16. Ricky Kambuaya - Dewa United

17. Witan Sulaeman - Bhayangkara FC

18. Egy Maulana - Dewa United

19. Yakob Sayuri - PSM Makassar

20. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

21. Ivar Jenner - Jong Utrecht

Penyerang

22. Hokky Caraka - PSS Sleman

23. Ramadhan Sananta - Persis Solo

24. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara FC

25. Dimas Drajad - Persikabo 1973

26. Rafael Struick - ADO Den Haag

6 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

15 Januari 2024

  • Timnas Indonesia Vs Irak
  • Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan
  • Kick-off 21.30 WIB

19 Januari 2024

  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha
  • Kick-off 21.30 WIB

24 Januari 2024

  • Jepang Vs Timnas Indonesia
  • Al Thumama Stadium, Doha
  • Kick-off 18.30 WIB

Video Populer

Foto Populer