Sukses


Pelatih Vietnam Buka Kisah Lama saat Dipecat Qatar Setelah Dipermalukan Timnas Indonesia di Piala Asia 2004

Bola.com, Doha - Pelatih Timnas Vietnam, Phillipe Troussier, membuka kisah lama ketika kehilangan pekerjaan akibat dipermalukan Timnas Indonesia di Piala Asia 2004 China.

Ketika itu, Troussier masih menangani Timnas Qatar di Piala Asia 2004. Namun, nakhoda asal Prancis itu dipecat di tengah turnamen akibat dipecundangi Timnas Indonesia.

Qatar memulai Grup A Piala Asia 2004 dengan kekalahan 1-2 dari Timnas Indonesia setelah dibobol oleh Budi Sudarsono serta Ponaryo Astaman dan hanya bisa membalas sekali lewat Magid Mohamed.

Dua hari berselang, Troussier mesti menerima risikonya. Arsitek kelahiran 21 Maret, 155, ini didepak dari kursinya sebagai pelatih meski Qatar masih menyisakan dua partai Grup A Piala Asia 2004.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kecewa dan Terkejut

Media Vietnam, Tha Thao 247, menceritakan kembali kejadian 20 tahun lalu yang masih menghantui Troussier tersebut. "Saya sangat kecewa dan terkejut," kata Troussier.

"Sebab, saya tidak pernah berpikir saya akan berhenti di turnamen ini setelah semua upaya yang saya lakukan untuk Piala Asia 2004."

"Saya menghormati keputusan Federasi Sepak Bola Qatar. Tetapi pada saat yang sama, saya menyesali keputusan tersebut," imbuh Troussier.

3 dari 5 halaman

Sama-Sama Tersingkir di Penyisihan Grup

"Sebab, saya pikir itu dibuat karena kesalahapahaman kata-kata saya yang hanya terkait dengan apa yang terjadi setelah Piala Asia 2004," ungkap Troussier.

Di Piala Asia 2004, Qatar gagal total setelah menghuni posisi buncit dengan satu poin dari tiga laga. Sementara, Timnas Indonesia juga gagal lolos ke babak perempat final karena menempati peringkat ketiga.

4 dari 5 halaman

Bertemu Kembali

Dua dekade sesudah momen getir itu, Troussier harus kembali menghadapi tim yang memberikan mimpi buruk kepadanya, Timnas Indonesia, kali ini di Piala Asia 2023 Qatar.

Troussier, yang memimpin Timnas Vietnam, bakal mencoba balas dendam kepada Timnas Indonesia dalam partai kedua Grup D Piala Asia 2023 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha.

Sumber: The Thao 247

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Matchday II Grup D Piala Asia 2023

Jumat, 19 Januari 2024

  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha
  • Kick-off: 21.30 WIB
  • Live: RCTI
  • Live Streaming: Vision Plus
  • Link Live Streaming: https://www.visionplus.id/channel/2/rcti

Video Populer

Foto Populer