Sukses


Pengamat Sebut Skuad Timnas Indonesia U-20 Banyak Dihuni Pemain Muda Potensial

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 menghadapi dua agenda penting pada 2024. Tim besutan Indra Sjafri itu akan berlaga di Piala AFF U-19 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Saat ini, tim berjulukan Garuda Muda itu terus memantapkan persiapan. Setelah menjalani training camp alias pemusatan latihan pada akhir tahun lalu, kini skuad Timnas Indonesia U-20 diagendakan melakoni rangkaian uji coba.

Dua agenda uji coba sudah dipersiapkan. Garuda Muda bakal menjajal kekuatan Timnas Thailand U-20 dan Timnas Uzbekistan U-20.

Duel Timnas Indonesia U-20 kontra Thailand U-20 digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, hari ini Jumat (26/1/2024) pukul 19.30 WIB. Kemudian empat hari berselang giliran meladeni perlawanan Uzbekistan U-20 di Stadion Madya, Jakarta Pusat.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Seleksi Pemain Terbaik

Indra Sjafri mengatakan, laga uji coba internasional penting untuk dilakukan. Selain menjadi ajang seleksi pemain, pelatih berusia 60 tahun itu ingin melihat kondisi terkini anak asuhnya.

Tim ini juga diproyeksikan lolos ke Piala Dunia U-20 2025 di Chile. Oleh karena itu, mantan pelatih Timnas Indonesia U-22 itu ingin membangun fondasi kokoh demi target yang dicanangkan.

"Fungsi uji coba itu memberikan stimulus kepada para pemain untuk melihat kemampuan pemain bagaimana memahami individual tactical, bagaimana group tactical mereka, dan bagaimana mereka menjalankan team tactical yang diinginkan," ujar Indra Sjafri.

"Dalam rangka mencari pemain terbaik karena sebelumnya kami mencari pemain terbaik lewat tes yang sudah dilakukan di awal lewat profil medis, profil fisik, fisiologi dan psikologi, sekarang sampai ke tahap bagaimana kita bisa melihat kualitas pemain bermain dengan tim yang berlainan negara," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Melihat Potensi Pemain

Sementara itu, pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto menilai, laga uji coba sekaligus bisa dimanfaatkan jajaran tim pelatih untuk melihat kemampuan para pemain muda. Hal ini tentu bagus demi membantu kinerja pelatih dalam memilih pemain di skuad inti.

"Potensi yang sebenarnya harus kita lihat setelah uji coba nanti, seberapa cepat pemain dalam melakukan adaptasi taktik yang diberikan oleh pelatih dan bagaimana reaksi pemain dalam menghadapi pressure dari lawan," kata Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Jumat (26/1/2024).

"Semoga saja potensi besarnya benar-benar kelihatan sehingga tidak banyak PR yang harus dikerjakan oleh tim pelatih," sambung mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu.

4 dari 4 halaman

Mengasah Mentalitas

Lebih jauh, Erwan Hendarwanto berujar, saat ini skuad Timnas Indonesia U-20 dipenuhi banyak pemain muda potensial. Apalagi, beberapa di antara mereka sudah mencicipi panggung Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Indonesia.

"Saya kira saat ini Timnas kita memang baru berkembang, termasuk Timnas U-20 yang mempunyai potensi yang cukup baik. Uji coba nanti malam menjadi rangkaian persiapan dan mengasah mentalitas pemain," ucap Erwan Hendarwanto.

"Semoga keberhasilan Timnas Indonesia senior lolos babak 16 besar Piala Asia bisa menjadi pemacu semangat juang pemain-pemain U-20 untuk bisa berprestasi, dan bisa lolos Piala Dunia U-20 di Chile," tambah dia.

Video Populer

Foto Populer