Sukses


Perkembangan Implementasi VAR untuk BRI Liga 1, Ratu Tisha: Sudah Tahap Ketiga, Persiapan dan Latihan

Bola.com, Solo - Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria, memberikan perkembangan mengenai pelatihan penerapan Video Assistant Referee (VAR) untuk kompetisi BRI Liga 1 2023/2024.

Sebelumnya, PSSI sempat menargetkan penggunaan VAR untuk BRI Liga 1 2023/2024 bisa mulai diimplementasikan pada awal Februari ini, atau tepatnya setelah kompetisi mengalami jeda selama Piala Asia 2023.

Namun, ada sejumlah tahap yang mesti dilewati sebelum VAR bisa benar-benar digunakan di Indonesia. Ratu Tisha mengatakan saat ini baru memasuki tahap ketiga, yakni pelatihan untuk wasit dan operatornya. 

“Sekarang ini proses penerapan VAR masih dalam tahap latihan. Sebab, proses penerapan VAR itu terbagi dalam beberapa tahap dalam rentang waktu enam bulan,” ujar Ratu Tisha saat ditemui di Solo, Senin (5/2/2024).

“Dari empat tahap yang dibutuhkan untuk menggunakan VAR di Indonesia, saat ini kita masih memasuki stage ketiga, yakni persiapan dan pelatihan,” lanjut Waketum PSSI itu.

2 dari 5 halaman

Pola Latihan VAR

Ratu Tisha menjelaskan PSSI tidak bisa terburu-buru dalam mengimplementasikan VAR di BRI Liga 1 2023/2024. Sebab, proses pelatihan harus dijalankan dengan optimal agar penerapannya bisa maksimal.

“Masing-masing latihan ini memiliki pola yang berbeda-beda. Ada theoretical trainingpractical training, dan sebagainya. Saat ini, kita posisinya masih dalam tahap training,” ujar Tisha.

Sebagai informasi, penggunaan VAR membutuhkan sejumlah pihak. Selain wasit utama yang memimpin pertandingan di lapangan, operatornya turut melibatkan Asisten VAR (AVAR) hingga Replay Operator (RO).

3 dari 5 halaman

Tidak Bisa Buru-Buru

Menurut Ratu Tisha, tahap pelatihan VAR bakal memasuki fase terakhir untuk implementasi di lapangan. Namun, untuk sementara ini, Tisha menyebut penerapannya masih bersifat trial alias uji coba.

“Persiapan penggunaan VAR tidak bisa buru-buru, maka harus benar-benar ready apabila ingin mengimplementasikannya,” ujar mantan Sekretaris Jenderal PSSI tersebut.

“Nantinya, bulan ini sampai Mei 2024 akan masuk dalam stage terakhir untuk implementasi di lapangan, tetapi sifatnya masih trial,” Ratu Tisha menambahkan.

 
4 dari 5 halaman

Sempat Incar Pertengahan Musim

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sempat menargetkan penggunaan VAR pada pertengahan musim BRI Liga 1 2023/2024. Teknologi ini didorong untuk mengatasi kontroversi yang sering terjadi di Indonesia.

"Ini kesepakatan dengan PT LIB bahwa saya mau sistem VAR mesti dilakukan, tetapi enggak mungkin di awal musim langsung ada VAR. Kesepakatan dengan PT Liga, VAR di pertengahan musim," ucap Erick pada medio Mei 2023.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer