Sukses


4 Pemain versi Shin Tae-yong yang Bakal Bikin Timnas Indonesia U-23 Jadi Tim Kuat di Piala Asia U-23 2024

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, berencana memanggil empat pemain abroad untuk menghadapi Piala Asia U-23 2024. Keempat pemain ini sebelumnya juga sudah jadi amunisi skuad Garuda di Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong merasa optimistis jika keempat pemain abroad ini bisa membantu Timnas Indonesia U-23 memenuhi target yang diberikan PSSI pada Piala Asia U-23 2024. Bahkan, dia yakin pencapaiannya bisa melebihi target.

"Apalagi, jika kami bisa memanggil pemain seperti Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Elkan Baggott," ujar Shin Tae-yong dalam video di akun Instagram Erick Thohir, @erickthohir, pada Minggu (4/2/2024).

"Ini cukup bisa diuji untuk Timnas Indonesia U-23 lolos sampai ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024 atau malah bisa lebih dari itu," jelas Shin Tae-yong.

Lalu, seberapa besar dampak yang akan diberikan keempat pemain abroad ini andai bisa memperkuat skuad Garuda Muda di ajang Piala Asia U-23 2024? Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

 

 

2 dari 5 halaman

Marselino Ferdinan

Sebagai pemain termuda di skuad Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan malah menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di lini serang. Pemain berusia 19 tahun itu bisa menjawab kepercayaan pelatih dengan baik.

Marselino Ferdinan tampil tak tergantikan pada empat laga. Salah satu kelebihan pemain asal klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze, ini ialah kepercayaan dirinya yang cukup tinggi dalam menguasai bola. 

Namun, eks pemain Persebaya Surabaya itu masih memiliki pekerjaan rumah yang krusial, yakni decision making. Marselino masih membutuhkan lebih banyak jam terbang untuk meningkatkan kematangannya dalam mengambil keputusan.

 

3 dari 5 halaman

Ivar Jenner

Salah satu pemain yang bakal memegang peran kunci di lini tengah Timnas Indonesia U-23 ialah Ivar Jenner. Tak mengherankan jika Shin Tae-yong membutuhkan tenaganya di Piala Asia U-23 2024.

Sebab, posisi utama di lini tengah selalu dipercayakan kepada pemain asal FC Utrecht ini. Dia kerap bergonta-ganti pasangan, baik itu bermain bersama Justin Hubner maupun Marselino Ferdinan.

Ivar Jenner sepertinya akan kembali berduet dengan pemain muda lainnya, Arkhan Fikri. Keduanya sempat menampilkan kolaborasi yang ciamik saat membawa Garuda Muda lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

 

 

4 dari 5 halaman

Elkan Baggott

Elkan Baggott memang tak selalu menjadi pilihan utama di sektor pertahanan Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023. Kehadiran Justin Hubner dan bek yang lebih senior, Jordi Amat, membuatnya jadi pilihan kedua.

Namun, Elkan tetap bisa menjawab kepercayaan pelatih dengan baik saat mendapatkan kesempatan bermain.

Dia bakal menjadi senjata yang ampuh saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi lawan-lawan yang punya keunggulan fisik.

Pasalnya, dengan tinggi badan yang mencapai 196 cm, bek berusia 21 tahun itu bakal punya peran kunci untuk menghadapi duel-duel udara. Bek yang kini bermain untuk Bristol Rovers itu diharapkan bisa tampil di Piala Asia U-23 2024.

 

 

 

5 dari 5 halaman

Justin Hubner

Tak membutuhkan waktu lama bagi Justin Hubner untuk langsung merebut hati Shin Tae-yong. Saat tampil bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, pemain berusia 20 tahun itu selalu menjadi pilihan utama.

Bek asal Wolverhampton Wanderers itu sama sekali tak tergantikan. Justin Hubner selalu bermain sebagai starter dan mengukir menit bermain selama 2x45 menit. Salah satu keunggulannya ialah karakter versatile.

Justin Hubner memang tak hanya mampu menjalankan tugasnya dengan baik saat menjadi bek tengah. Sebab, dia juga bisa memainkan peran baru sebagai gelandang bertahan untuk menemani Ivar Jenner di lini tengah.

Video Populer

Foto Populer