Sukses


BRI Liga 1: Arema FC Tunjuk Widodo Cahyono Putro Sebagai Pelatih Baru

Bola.com, Malang - Tak butuh waktu lama bagi Arema FC untuk mendatangkan pelatih baru untuk lanjutan BRI Liga 1 2023/2024.

Pasalnya setelah mengakhiri kontrak Fernando Valente, Jumat (090/2/2024) sudah ada pelatih baru yang dikontrak. Yakni legenda sepakbola Indonesia, Widodo Cahyono Putro.

Pelatih 53 tahun itu sebelumnya berstatus sebagai pelatih Deltras Sidoarjo di Liga 2. Tugasnya selesai karena langkah Deltras berhenti di babak 12 besar.

Widodo sendiri sudah muncul dalam sesi latihan Arema di Lapangan ARG, Kabupaten Malang, Jumat (9/2/2024) sore.

Namun, dia belum memimpin latihan. Dia hanya memperkenalkan diri di pengujung sesi latihan. Manajer Arema, Wiebie Dwi Andriyas mengaku jika Widodo resmi jadi pelatih baru Arema.

"Dalam situasi seperti ini manajemen harus bergerak cepat. Pilihan jatuh pada Widodo Cahyono Putro yang akan memimpin tim,” kata Wiebie.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Karakter dan Pengalaman

Widodo dipilih sebagai pelatih kepala karena dinilai memiliki karakter kuat saat menangani tim. Itu hal yang dibutuhkan Arema.

Karena saat ini, Singo Edan dianggap kehilangan karakter. Sehingga hasil yang didapat tidak konsisten.

"Karakter dan pengalamannya jadi salah satu perimbangan utama. Kami menilai coach Widodo adalah figur pelatih yang memiliki karakter serta pengalaman. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar Arema bisa lepas dari zona degradasi,” imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Pilih Lokal

Figur pelatih lokal menjadi pilihan utama karena di rentang waktu yang tersisa Arema FC harus meminimalisir risiko. Termasuk proses adaptasi.

"Artinya di waktu yang ada ini kami harus memiliki opsi-opsi strategis. Pelatih lokal dipilih karena dari sisi adaptasi mungkin tidak butuh waktu lama," ungkap General Manager Arema FC, Muhammad Yusrinal Fitriandi.

"Demikian juga dengan komunikasi dengan pemain. Ini yang penting. Harus diakui, proses adaptasi pelatih asing tidak bisa singkat,” tambahnya. 

 

4 dari 5 halaman

Papan Bawah

Arema FC saat ini berada di urutan ke-16 klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024 dengan mengemas 21 poin. Terpaut 5 poin dari Persita Tangerang yang berada di urutan ke-15.

Laga terdekat Arema FC akan menghadapi Rans Nusantara FC (22/2/2024). Ini jadi ujian pertama bagi Widodo.

Karena ini bukan laga mudah. Rans sempat bersaing di papan atas. Putaran pertama silam, Arema dikalahkan Rans dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer