Sukses


VAR Segera Diterapkan di BRI Liga 1, Pelatih Madura United Ungkap Efek Positif untuk Sepak Bola Indonesia

Bola.com, Bangkalan - Pelatih Madura United, Mauricio Souza mengaku antusias dengan kehadiran video assistant referee (VAR) di BRI Liga 1.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, awalnya menargetkan penerapan VAR di BRI Liga 1 pada Februari 2024. Namun, karena beberapa sebab, penggunaannya terpaksa ditunda.

VAR sendiri dipastikan bakal dipakai di akhir kompetisi musim ini. Championship series dianggap momen yang pas untuk menggunakan teknologi terbaru ini.

PT LIB memang merancang format baru untuk gelaran BRI Liga 1 2023/24. Mereka menerapkan babak lanjutan yang melibatkan empat tim teratas dari klasemen liga.

"VAR akan membawa dampak positif di liga. Itu kalau orang yang mengurus VAR, juga baik," ucap Souza.

 
2 dari 4 halaman

Meningkatkan Kualitas Liga

Pria asal Brasil itu menilai VAR akan mengubah wajah sepak bola Indonesia. Salah satunya yakni meningkatnya kualitas kompetisi dengan berubahnya gaya bermain klub-klub kontestan.

"Ini pertandingan liga terlalu banyak berhenti. Setiap momen jatuh selalu minta tim medis ke lapangan. Namun, wasit tidak kasih tambahan waktu," keluhnya.

"Kalau sudah ada VAR di liga, pertandingan akan berhenti. Wasit juga akan kasih tambahan waktu dengan tepat," imbuh Souza.

3 dari 4 halaman

Selamatkan Marwah Sepak Bola

Penggunaan VAR yang tepat dianggap Souza bakal mengurangi hal-hal kotor di dunia sepak bola. Salah satunya menarik jersei lawan dalam momen tertentu.

"Banyak hal terjadi di pertandingan bisa berhenti karena dibantu VAR. Mau di mana pun di dunia, dia kasih kebenaran untuk sepak bola," tegasnya

"Saya pikir dengan VAR, kesalahan itu tak akan banyak terjadi lagi. Saya ingin VAR secepat mungkin setidaknya di akhir kompetisi," tutup Souza.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer