Sukses


Menilik Performa Ciamik Alfeandra Dewangga di BRI Liga 1 2023 / 2024: Cetak Gol Indah, Kontraknya Langsung Ditambah

Bola.com, Semarang - Pemain serbabisa milik PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga, menjadi salah satu nama yang mencuri perhatian pada pertandingan pekan ke-24 kompetisi BRI Liga 1 2023/2024.

Dalam duel antara Arema FC melawan PSIS Semarang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (5/2/2024) itu, Alfeandra Dewangga sukses menyumbang dua gol untuk membawa timnya menang dengan skor 4-1.

Dua golnya memang terhitung istimewa. Sebab, semuanya lahir melalui sepakan dari luar kotak penalti. Gol yang pertama tercipta pada menit ke-45, sedangkan gol keduanya dihasilkan pada menit ke-90+1.

Kontribusinya ini memang menghasilkan sejumlah catatan yang istimewa. Selain terpilih sebagia Pemain Terbaik Pekan ke-24, Dewa juga baru saja mendapatkan perpanjangan kontrak jangka panjang dari Mahesa Jenar (julukan PSIS Semarang).

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pemain Terbaik Pekan ke-24

Pemain berusia 22 tahun itu memang tampil cukup impresif saat membawa PSIS menggondol tiga poin dari markas Arema FC. Itulah sebabnya, dia terpilih menjadi Player of The Week Pekan ke-24.

Dari catatan yang dihimpun PT Liga Indonesia Baru (LIB), pemain asal Semarang, Jawa Tengah, itu mengukir sejumlah kontribusi selama berduet bersama Boubakary Diarra di lini tengah Mahesa Jenar.

Bermain selama 2x45 menit, Dewa sukses menghasilkan dua tembakan ke gawang, yang semuanya membuahkan gol. Selain itu, jumlah operan suksesnya menyentuh 33 kali sekaligus mencapai 70%.

Catatan ini turut mengantarkannya masuk dalam Team of The Week Pekan ke-24. Di lini tengah, Dewa bersanding dengan beberapa gelandang asing top seperti Francisco Rivera hingga Ze Valente.

3 dari 5 halaman

Dapat Perpanjangan Kontrak

Tak sampai seminggu sejak penampilannya itu, Alfeandra Dewangga pun langsung mendapatkan perpanjangan kontrak dari PSIS Semarang. Dengan kontrak baru ini, Dewa akan bertahan hingga 2027 bersama Mahesa Jenar.

Padahal, sebelumnya sisa kontrak pemain Timnas Indonesia U-23 itu masih cukup panjang. Sebelum diperbarui, Dewa masih terikat kontrak bersama Mahesa Jenar berlangsung hingga 2025.

"Kami memperpanjang kontrak Dewangga karena memang kontribusinya selama ini cukup apik bersama PSIS," ujar Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi.

"Tim pelatih juga mengatakan bahwa Dewangga salah satu pemain serbabisa karena dapat dimainkan di beberapa posisi. Sukses terus ya Dewangga dan bawa PSIS berprestasi," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Layak Dipanggil STY?

Pemain berusia 22 tahun itu memang tampil cukup konsisten bersama PSIS Semarang di BRI Liga 1 2023/2024. Dewa tercatat bermain sebanyak 18 kali musim ini. 17 laga di antaranya menjadi starter.

Konsistensi inilah yang sempat membawa pemain kelahiran 28 Juni 2001 itu mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada medio September 2023.

Namun, dia tak diturunkan oleh Shin Tae-yong karena sebelumnya memperkuat Timnas Indonesia saat melawan Turkmenistan pada agenda FIFA Matchday yang berlangsung bersamaan.

Mengingat ada dua agenda terdekat, yakni lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan Piala Asia U-23 2024, Dewa harus tetap menjaga konsistensinya agar kembali dipanggil Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Lihat Peta Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer