Sukses


Mimpi Besar Wasit Thoriq Alkatiri: Ingin Memimpin Laga Piala Dunia dan Liga Champions Asia

Bola.com, Jakarta - Tak banyak wasit Indonesia yang memiliki lisensi dari FIFA. Thoriq Alkatiri adalah satu di antaranya.Thoriq adalah wasit langganan di liga level tertinggi Indonesia dalam sedekade terakhir. Belakangan, karier Thoriq terus berkembang.

Sudah cukup banyak ajang internasional yang diikuti Thoriq Alkatiri. Wasit asal Purwakarta, Jawa Barat itu sempat memimpin laga di Piala Asia U-17 2023.

Beberapa kali Thoriq Alkatiri juga menjadi wasit di ajang Piala AFC. Sementara itu di ajang regional seperti Piala AFF terutama level kelompok umur, Thoriq bisa dikatakan menjadi  langganan.

Namun, Thoriq Alkatiri tampak masih belum puas dengan kariernya. Wasit berusia 35 tahun itu memiliki mimpi yang lebih tinggi.

"Insya Allah setiap wasit bercita-cita mimpin di Piala Dunia, dan Champions League Asia, tapi dasarnya sekarang harus punya lisensi VAR dulu baru bisa terbang lebih tinggi lagi," kata Thoriq saat ditemui di sela pelatihan VAR di JSI Resort Megamendung, Bogor belum lama ini.

----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pengalaman Berharga di Piala Dunia U-17 2023

Thoriq Alkatiri mendapatkan pengalaman menarik di Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Indonesia. Ia bersama Yudi Nurcahya dan Aprisman Aranda menjadi wasit pendukung ajang itu.

Ketiganya ditugaskan sebagai fourth official alias wasit keempat. Thoriq Alkatiri pun mengaku mendapatkan banyak pengalaman dari Piala Dunia U-17 2023.

"Walaupun saya hanya sebagai fourth official saya bisa melihat bagaimana berkomunikasi antara wasit di lapangan dan tim VAR di ruangan. Dan bagaimana pengambilan keputusan kalau ada VAR, tidak seperti dulu harus cepat tepat, sekarang harus delay karena ada kroscek ulang dari VAR," jelas Thoriq.

3 dari 4 halaman

Siap untuk VAR

BRI Liga 1 2023/2024 akan segera menerapkan teknologi VAR. Teknologi itu rencananya akan diterapkan mulai babak Championship Series, Mei mendatang.

Thoriq Alkatiri dan wasit-wasit lain yang terpilih tengah menjalani pelatihan intensif mengenai penerapan VAR di BRI Liga 1 2023/2024.  

"Sudah 80 persen, ini kami sekarang melakukan pengulangan saja, ini barang baru harus diulang terus biar nanti bisa mahir," tandas Thoriq. 

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

Video Populer

Foto Populer