Sukses


BRI Liga 1: Bali United Dapat Sosialisasi Law of the Game Terbaru dari PSSI, Rencana Penggunaan VAR pun Dibahas

Bola.com, Denpasar - Bali United kembali menggelar sesi latihan di Bali United Training Center, Senn (19/2/2024). Namun, sebelum berlatih, PSSI melakukan sosialisasi kepada Elias Dolah dkk.

Departemen Wasit PSSI, Yandri menyambangi Bali United Training Center untuk melakukan sosialisasi law of the game FIFA musim 2023/2024. Semua pemain, pelatih, dan ofisial Bali United hadir dalam kegiatan kali ini.

“Kedatangan kami ke sini untuk melakukan sosialisasi terkait law of the game terbaru dari FIFA," ujar Yandri.

"Kami sifatnya untuk mengedukasi pemain dan pelatih di lapangan. Banyak yang dibahas, misal peraturan offside terbaru, bagaimana handball, pelanggaran, dan segala macamnya,” lanjutnya.

 
2 dari 5 halaman

Membahas VAR

Salah satu hal penting yang dibahas adalah bagaimana penerapan VAR. Rencananya VAR digunakan pada championship series BRI Liga 1 2023/2024. Namun, Yandri mengungkapkan VAR akan diterapkan lebih dulu di EPA Liga 1 2023/2024.

Sekarang, EPA Liga 1 masih memasuki babak 8 besar. Yandri menjelaskan VAR akan dipakai di fase ini. Namun, hingga sekarang belum terlihat tanda-tanda VAR akan digunakan pada babak 8 besar. Kemungkinan, baru akan diterapkan pada semifinal EPA Liga 1.

“Selama ini kami di PSSI dan PT LIB sudah bekerja sama untuk bisa menerapkan VAR di Liga 1. Wasit-wasit sudah diseleksi dan benar-benar harus paham. VAR membantu keputusan wasit, bukan menggantikan peran wasit. Bisa meminimalkan kesalahan,” bebernya.

“Rencananya di EPA Liga 1 akan ditetapkan lebih dulu. Seandainya berhasil, baru akan diterapkan di semifinal Liga 1,” tambah Yandri.

3 dari 5 halaman

Rencana VAR di EPA Liga 1

Sementara itu, Pelatih Bali United Youth I Made Pasek Wijaya membenarkan jika EPA Liga 1 pada fase semifinal akan menerapkan VAR.

“Yang saya tahu, semifinal baru ada. Kalau delapan besar belum ada," ujar Made Pasek Wijaya ketika dihubungi pada Senin (19/2/2024) malam.

"Bagi kami, bagus ada VAR. Pertandingan bisa lebih terkontrol. Tidak ada lagi kejadian-kejadian yang kontroversial. Saya berharap seperti itu,” lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Disambut Baik Teco

Sementara itu, Pelatih Bali United Stefano Cugurra senang PSSI memberikan sosialisasi mengenai Law of The Game FIFA yang terbaru, termasuk rencana penggunaan VAR.

Pelatih yang karib disapa Teco itu menilai apa yang dilakukan PSSI sekarang bisa memberikan ilmu tambahan bagi pemain dan pelatih yang bisa digunakan ketika pertandingan berlangsung.

“Pemain nanti bisa punya keputusan yang lebih bagus waktu pertandingan,” tutupnya.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer