Sukses


5 Pemain yang Sering Diabaikan Shin Tae-yong dan Layak Dipanggil untuk Hadapi Vietnam: Kapan Stefano Lilipaly?

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, layak mempertimbangkan beberapa nama pemain untuk kembali dipanggil menghadapi Timnas Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Para pemain ini sebetulnya patut mendapatkan kesempatan untuk kembali memperkuat Timnas Indonesia ketika berjumpa Timnas Vietnam pada lanjutan Grup F yang berlangsung pada dua pertemuan secara beruntun.

Menurut jadwal, pertandingan pertama berlangsung di kandang skuad Garuda terlebih dahulu pada 21 Maret 2024, sedangkan pertemuan berikutnya diselenggarakan di markas Vietnam pada 26 Maret 2024

Ada beberapa nama pemain yang sudah cukup sering diabaikan oleh Shin Tae-yong selama beberapa waktu terakhir. Mereka menampilkan permainan yang apik dan layak kembali dilirik pelatih asal Korea Selatan itu.

2 dari 6 halaman

Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly sebetulnya menjadi pemain lokal yang paling moncer di BRI Liga 1 2023/2024. Merujuk pada perolehan gol dan assist-nya, kapten Borneo FC ini sukses mengumpulkan jumlah yang fantastis.

Dari 24 pertandingan, dia berhasil mengukir sembilan gol dan 13 assist. Jumlah ini membawa pemain kelahiran Arnhem, Belanda, itu menjadi kolektor assist terbanyak di BRI Liga 1 2023/2024.

Winger berusia 34 tahun itu memang sudah tak muda lagi. Namun, jika melihat performa terakhirnya bersama Pesut Etam, dia mampu menyumbangkan dua assist saat menumbangkan Persija Jakarta dengan skor 3-1.

 

3 dari 6 halaman

Alfeandra Dewangga

Pemain lainnya yang sudah cukup lama diabaikan Shin Tae-yong ialah Alfeandra Dewangga. Padahal, sebetulnya Dewa bermain cukup konsisten bersama PSIS Semarang di BRI Liga 1 2023/2024.

Dewa memang sempat dipanggil pada ajang FIFA Matchday September 2023 melawan Turkmenistan. Pada momen yang sama, dia juga ikut Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 bersama Timnas Indonesia U-23.

Namun, sejak saat itu, pemain berusia 22 tahun ini tak lagi mendapatkan panggilan. Yang paling anyar, Dewa sukses menghasilkan dua gol lewat tendangan jarak jauh ketika membawa Mahesa Jenar menang 4-1 di markas Arema FC.

 

4 dari 6 halaman

Malik Risaldi

Pemain berikutnya yang juga punya catatan cukup mentereng musim ini ialah Malik Risaldi. Winger Madura United ini mampu memperlihatkan konsistensi dan juga bisa memberikan kontribusi.

Pemain berusia 27 tahun itu setidaknya sudah berhasil mengepak tujuh gol dan tiga assist dari 23 pertandingan. Jumlah ini membuatnya jadi penyumbang gol terbanyak kedua setelah Junior Brandao.

Performa terbaiknya tersaji pada laga tunda pekan ke-21. Saat bertandang ke markas Persis Solo, pemain asal Surabaya itu sukses menjaringkan dua gol. Sayangnya, Laskar Sappe Kerrab harus kalah dengan skor 2-3.

 

5 dari 6 halaman

Dedik Setiawan

Salah satu pemain yang pernah menjadi andalan Shin Tae-yong, tetapi kini telah terlupakan ialah Dedik Setiawan. Striker Arema FC itu sempat dipakai STY saat Timnas Indonesia menghadapi Piala AFF 2020.

Sayangnya, sejak saat itu, Dedik tak pernah lagi mendapatkan panggilan Shin Tae-yong. Dia kalah bersaing dengan striker-striker lokal yang lebih muda seperti Ramadhan Sananta, Hokky Caraka, hingga Dimas Drajad.

Musim ini, Dedik sebetulnya tampil cukup baik bersama Singo Edan. Dia sukses menghasilkan enam gol dan satu assist dari 22 penampilan di BRI Liga 1 2023/2024.

 

6 dari 6 halaman

Mohammad Khanafi

Selanjutnya, Shin Tae-yong juga layak memberikan kesempatan bagi striker asal Persik Kediri, Mohammad Khanafi. Dia menjadi salah satu pemain yang mencuri perhatian di BRI Liga 1 musim ini.

Pada musim ini, Khanafi sukses menyumbangkan lima gol dan dua assist untuk skuad Macan Putih. Koleksi ini membuatnya jadi penyumbang gol terbanyak kedua, setelah Flavio Silva yang mengepak 11 gol.

Meskipun demikian, Khanafi memang masih belum cukup punya pengalaman di kasta tertinggi. Sebab, dia baru saja didatangkan dari klub kasta ketiga, Persedikab Kabupaten Kediri pada awal tahun 2023.

 

Video Populer

Foto Populer